Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, 26 Imigran Gelap Ditemukan Selamat

Kompas.com - 21/04/2012, 15:54 WIB
Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 26 imigran gelap kembali ditemukan di kawasan pesisir Pantai Wonogoro, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sebelumnya 43 imigran gelap ditemukan terdampar dan kini sudah dibawa ke kantor Imigrasi Malang.

Sebanyak 26 orang imigran gelap itu ditemukan di kawasan perkebunan warga di tepi pantai. Mereka ditemukan sejak pencarian yang dilakukan petugas gabungan dari Polres Malang dan warga desa serta Polisi Air Sendang Biru, Kabupaten Malang, Sabtu (21/4/2012).

Menurut Kepala Satuan Polisi Air (Satpolair) Wilayah Sendang Biru, Iptu Slamet Prayitno, dari 26 orang imigran gelap itu, hanya satu orang yang kondisinya lemas dan sakit. "Total yang kita temukan ada 26 orang imigran dan kondisinya selamat semua. Adapun satu orang yang sakit, kini sudah dirawat di Puskesmas Bantur," kata Slamet ketika dihubungi Kompas.com.

Slamet mengatakan, seluruh imigran tersebut berada di atas kapal yang diterjang ombang dan terdampar ke pantai di wilayah Malang. Semua imigran gelap di kapal tersebut berusaha menyelamatkan diri dengan berpindah-pindah tempat. Bahkan ada imigran yang sempat tinggal di hutan, tak jauh dari Pantai Wonogoro. "Saat ini, 26 imigran itu dalam proses evakuasi ke Mapolsek Bantur," katanya.

Hingga saat ini, total imigran yang telah ditemukan dalam kondisi selamat sebanyak 69 orang. Kapal dengan tujuan Australia itu membawa 83 penumpang. "Kalau sudah semuanya ada di Mapolsek Bantur, akan kita bawa ke kantor Imigrasi Malang untuk dikumpulkan bersama 43 imigran lainnya yang lebih dulu ditemukan," kata Slamet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com