Lagi, 26 Imigran Gelap Ditemukan Selamat

Kompas.com - 21/04/2012, 15:54 WIB
|
EditorLaksono Hari W

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 26 imigran gelap kembali ditemukan di kawasan pesisir Pantai Wonogoro, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sebelumnya 43 imigran gelap ditemukan terdampar dan kini sudah dibawa ke kantor Imigrasi Malang.

Sebanyak 26 orang imigran gelap itu ditemukan di kawasan perkebunan warga di tepi pantai. Mereka ditemukan sejak pencarian yang dilakukan petugas gabungan dari Polres Malang dan warga desa serta Polisi Air Sendang Biru, Kabupaten Malang, Sabtu (21/4/2012).

Menurut Kepala Satuan Polisi Air (Satpolair) Wilayah Sendang Biru, Iptu Slamet Prayitno, dari 26 orang imigran gelap itu, hanya satu orang yang kondisinya lemas dan sakit. "Total yang kita temukan ada 26 orang imigran dan kondisinya selamat semua. Adapun satu orang yang sakit, kini sudah dirawat di Puskesmas Bantur," kata Slamet ketika dihubungi Kompas.com.

Slamet mengatakan, seluruh imigran tersebut berada di atas kapal yang diterjang ombang dan terdampar ke pantai di wilayah Malang. Semua imigran gelap di kapal tersebut berusaha menyelamatkan diri dengan berpindah-pindah tempat. Bahkan ada imigran yang sempat tinggal di hutan, tak jauh dari Pantai Wonogoro. "Saat ini, 26 imigran itu dalam proses evakuasi ke Mapolsek Bantur," katanya.

Hingga saat ini, total imigran yang telah ditemukan dalam kondisi selamat sebanyak 69 orang. Kapal dengan tujuan Australia itu membawa 83 penumpang. "Kalau sudah semuanya ada di Mapolsek Bantur, akan kita bawa ke kantor Imigrasi Malang untuk dikumpulkan bersama 43 imigran lainnya yang lebih dulu ditemukan," kata Slamet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.