Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Thailand Menuju KTT Mekong-Jepang

Kompas.com - 19/04/2012, 19:33 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Perdana Menteri (PM) Thailand Yingluck Shinawatra pada Kamis (19/4/2012) dijadwalkan bertolak  dari China ke Jepang  untuk menghadiri KTT  Mekong-Jepang ke-empat di Tokyo selama April 20-22.
   
Atas undangan PM China Wen Jiabao sebelumnya, Yingluck saat ini berada di China dalam kunjungan resmi  dan dia akan terbang ke Tokyo malam ini.
   
PM Yingluck, menurut warta OANA,  akan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Surapong Tovichakchaikul dan Menteri pada Kantor Perdana Menteri Niwatdhamrong Boonsongpaisarn.
   
Para pemimpin Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar dan Thailand dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda di Tokyo, Sabtu (21/4/2012).
   
Pertemuan itu melanjutkan pertemuan puncak ketiga  Mekong-Jepang  di Indonesia pada November tahun lalu. Pertemuan itu terjadi di tengah harapan bahwa Jepang akan mendukung studi lebih lanjut mengenai dampak bendungan utama di seberang Sungai Mekong.
   
Menurut Yingluck, Thailand menghadiri pertemuan puncak itu untuk memperkuat hubungan dengan Jepang sebagai mitra strategis penting dalam pengembangan bersama keberkelanjutan Delta Mekong.
   
Negara ini siap untuk bergabung dengan Jepang dalam membangun infrastruktur guna  mengatasi kemungkinan bencana dan jaringan transportasi di kawasan ini. "Pemerintah Jepang dapat membuat kontribusi terhadap pengembangan infrastruktur, khususnya jalan raya dan jaringan kereta api, dalam hal baik pinjaman lunak ataupun bantuan teknis," kata PM Yingluck Shinawatra.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com