Semakin Mudah Meniru Tekstur Alam

Kompas.com - 19/04/2012, 17:46 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam hidupnya manusia tidak pernah jauh dari alam. Hal ini terbukti dari cara manusia meniru keindahan alam yang diwujudkan lewat pemilihan desain serta material demi mendapatkan kenyamanan dalam hunian.

"Alam itu tak hanya memberi kekayaan visual, tetapi juga rasa. Persepsi ini kaya, dan manusia berusaha meniru itu," kara arsitek Ary Indra dari Aboday dalam seminar Keramika International Architecture di Jakarta, Kamis (19/4/2012).

Menurut Ary, manusia seolah ingin memisahkan diri dari alam, namun tetap mencoba memasukkan unsur-unsur alam demi mendapatkan kenyamanan dalam hunian.

"Misalnya saja, suasana tenang batu-batuan yang ditumbuhi lumut ditiru. Atau, bebatuan di Grand Canyon dikopi jadi desain keramik yang serupa," ujarnya.

Dengan perkembangan industri bahan bangunan, menurut Ary, cara manusia meniru keindahan alam semakin mudah diwujudkan. Lewat keramik, misalnya, kini orang bisa meniru tekstur kayu atau mengkopi gambar kualitas foto.

"Saya menyebutnya sebagai artificial surface atau keramik dalam arsitektur. Sekarang orang bisa melakukan apa saja dengan keramik. Tak hanya melapisi lantai, tapi fungsinya mampu untuk dinding bahkan atap," katanya.

Ary mengatakan, beragam kemungkinan desain mampu diwujudkan pada keramik, karena ia memiliki kekayaan warna, motif, bentuk, juga teknik produksinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.