Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah China Serius Tangani Kasus Bo Xilai

Kompas.com - 19/04/2012, 05:30 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China berjanji akan menyelidiki secara tuntas kasus kriminalitas tewasnya seorang warga negara Inggris yang menyebabkan seorang politikus terkemuka di China terpental dari posisinya.

Janji Pemerintah China itu tersirat dalam sebuah artikel opini kantor berita Xinhua, Rabu (18/4). Sebagai kantor berita resmi Pemerintah China, artikel itu pasti telah disetujui di tingkat tertinggi pemegang kekuasaan di negara tersebut.

”Komite Sentral Partai Komunis China telah mengambil keputusan tegas untuk menyelidiki secara tuntas semua peristiwa yang berkaitan dan menyebarkan informasi pada waktu yang tepat sebagai manifestasi dari rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap partai dan rakyat,” demikian disebutkan dalam artikel Xinhua itu.

Pernyataan tersebut disiarkan hanya beberapa jam setelah Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Menteri Luar Negeri Inggris William Hague berbicara dengan petinggi dan pemimpin propaganda Partai Komunis China (PKC), Li Changchun, di London, Inggris, Selasa lalu.

Pemerintah Inggris telah berulang kali menekan Pemerintah China untuk menggelar penyelidikan serius atas meninggalnya seorang pebisnis asal Inggris, Neil Heywood, November tahun lalu. Heywood ditemukan tewas di sebuah kamar hotel di kota Chongqing di China barat daya.

Istri wali kota

Pada awalnya, kematian Heywood diduga hanya akibat kebanyakan minum alkohol. Secara mengejutkan, kasus tersebut tiba-tiba mencuat pekan lalu setelah Xinhua mengabarkan bahwa tersangka pembunuhan Heywood adalah Gu Kailai, istri Wali Kota Chongqing waktu itu, Bo Xilai.

Bo adalah seorang tokoh penting dalam politik China. Mantan Menteri Perdagangan China dan anggota Politbiro PKC itu pernah menjadi calon kuat anggota Komite Tetap PKC, lembaga politik paling berkuasa di China.

Namun, karier politiknya berhenti dengan tiba-tiba setelah Beijing memecatnya dari jabatan Wali Kota dan Ketua PKC Chongqing. Beberapa pekan kemudian, ia juga dipecat dari Politbiro.

Di tengah gencarnya sensor pemerintah terhadap internet untuk mencegah informasi skandal ini menjadi bola liar yang bisa memicu perpecahan, tabir kasus tersebut mulai tersingkap perlahan-lahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com