Iran Ringkus 15 Tersangka Mata-mata Israel

Kompas.com - 18/04/2012, 09:15 WIB
EditorKistyarini

TEHERAN, KOMPAS.com — Kantor berita Iran melaporkan, Selasa (17/4/2012), lebih dari 15 orang ditangkap atas tuduhan menjadi mata-mata Israel dan berencana membunuh salah seorang pakar dan meledakkan bom di sejumlah instalasi negara.

"Sejauh ini lima belas orang, yang memiliki akta kelahiran Iran dan negara asing, telah ditangkap," kantor berita IRNA mengutip Kementerian Intelijen Iran, yang mengungkap detail baru soal penangkapan serupa, yang dilakukan bulan lalu.

Laporan resmi IRNA, seperti dikutip AP, juga menyebut sebuah markas mata-mata yang dikelola Mossad, dinas intelijen Israel, ditemukan di salah satu negara tetangga. Namun, tidak ada penjelasan lebih lanjut tentang hal tersebut.

Menurut Kementerian Intelijen, seperti dilaporkan kantor AFP, orang-orang yang diringkus itu "menggunakan misi diplomatik di sejumlah negara Barat secara ilegal" untuk melakukan aktivitas mereka.

Namun, IRNA tidak menyebut bidang pakar yang menjadi target para tersangka. Namun dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah pakar nuklir Iran terbunuh secara misterius.

Penangkapan ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Israel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.