Al Qaeda Tahan Diplomat Saudi di Yaman

Kompas.com - 18/04/2012, 07:37 WIB
EditorKistyarini

RIYADH, KOMPAS.com - Kelompok Al Qaeda di Jazirah Arab (AQAP) menahan seorang diplomat Arab Saudi yang diculik bulan lalu di kota Aden, Yaman selatan, kata kantor berita kerajaan itu SPA, Selasa.

Seorang anggota Al Qaeda mengonfirmasikan dalam pesan telepon kepada dubes Arab Said di Sanaa bahwa kelompok itu "bertanggungjawab atas penculikan wakil konsul di Aden, dan mengatakan tuntutan mereka termasuk menyerahkan beberapa tahanan kepada anggota jaringan itu di Yaman," kata SPA.

Pada 28 Maret, seorang pejabat polisi di Aden mengatakan pria-pria bersenjata menculik wakil konsul Abdullah al-Khalidi di luar rumahnya. Arab Saudi segera mengonfirmasikan penculikan itu.

"Emir (pemimpin) jaringan itu... Nasser al-Wuhaishy... meminta saya menghubungi Anda," kata Meshaal al-Shadokhi kepada dubes itu, dalam percakapan telepon yang dikutip SPA.

Shadokhi menuntut pembebasan "semua" anggota jaringan itu yang ditahan di kerajaan itu, di antara mereka para tahanan wanita.

Ia menyebut nama-nama enam wanita, di antaranya Heula al-Qassir yang dikenal sebagai "Wanita Al Qaeda" karena yang menjadi wanita pertama di kerajaan itu diadili karena terlibat aksi kekerasan oleh jaringan garis keras itu.

Kelompok itu juga menuntut agar kerajaan itu membayar "uang tebusan yang akan disepakati kemudian," kata Shadokhi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penelepon itu juga mengancam bahwa "sekarang seorang konsul diculik, besok kedubes akan diledakkan dan kemudian pangeran (mungkin) dibunuh."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.