Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Soal UN yang Tidak Terbaca

Kompas.com - 17/04/2012, 15:03 WIB

Kompas.com - Pada hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional ditemukan soal ujian bahasa Inggris yang tidak terbaca dan tertukar sehingga pihak sekolah harus memfotokopi soal UN tersebut.  Para siswa pun terpaksa harus menunggu cukup lama. Soal UN yang tidak terbaca tersebut ditemukan di SMK Nurul Bayan Sukabumi, Jawa Barat.
   
"Kejadian ini cukup menyita waktu kami dan peserta.  Dikhawatirkan peserta UN dari sekolah kami salah mengerjakan soalnya," kata Kepala SMK Nurul Bayan, Deden Saepudin kepada wartawan, Selasa.
    
Selain tidak terbaca ada lembar soal yang tertukar dalam amplop, dimana seharusnya peserta UN mengerjakan soal paket B, tetapi dalam amplop terdapat soal paket E dan pada hari pertama pelaksanaan UN lembar jawaban pun kurang.

"Kami tidak ingin kejadian ini kembali terjadi, karena akan menyita waktu dan merusak konsentrasi para peserta UN di sekolah kami," tambahnya.
    
Selain di SMK Nurul Bayan, kejadian serupa pun terjadi di SMK Dwi Darma, di mana para peserta UN waktunya tersita karena pihak sekolah harus memfotokopi soal UN yang tidak terbaca dan tertukar dengan paket soal lainnya.
    
Sementara, Tim Pengawas Independen UN dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Sukabumi, Eri mengatakan, pihaknya sudah melaporkan kasus ini kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Selain itu, sekolah yang ditemukan adanya soal yang tidak terbaca yang mengharuskan difotokopi pihaknya mengawasi ketat agar tidak terjadi kebocoran.
    
"Sampai saat ini belum ada laporan dan ditemukannya kebocoran soal walaupun banyak kasus ditemukannya soal UN yang tidak terbaca dan tertukar, karena kami mengawasi ketat dan segera melapor ke Disdik, agar kasus ini tidak terulang kembali," kata Eri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com