Ponsel Tertinggal Dikira Bom, Delta Airlines Mendarat Darurat

Kompas.com - 17/04/2012, 10:39 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

DUBLIN, KOMPAS.com — Sebuah pesawat Boeing 767-300 milik maskapai penerbangan AS, Delta Air Lines, memutuskan mendarat darurat di Dublin, Irlandia, Senin (16/4/2012), setelah menemukan telepon seluler ditinggal dalam keadaan tertancap di stop kontak di salah satu toilet pesawat itu. Para awak pesawat khawatir ponsel itu adalah bom.

Pesawat tersebut dalam penerbangan dari Istanbul, Turki, menuju Bandara John F Kennedy di New York, AS, saat pilot meminta izin mendarat darurat di Bandara Dublin. Menurut juru bicara Otoritas Penerbangan Irlandia, Lilian Cassin, pesawat mendarat tanpa insiden kemudian dibawa ke ujung terisolasi dari landasan pacu bandara tersebut.

Kepolisian nasional Irlandia, Garda Siochana, langsung mengerahkan personelnya ke dalam pesawat dan memeriksa penumpang untuk mengetahui siapa pemilik ponsel tersebut. Belakangan terungkap, seorang penumpang memutuskan mengisi ulang baterai ponselnya di stop kontak yang disediakan untuk alat cukur listrik di toilet.

Saat ada penumpang lain masuk ke toilet tersebut, ia curiga ponsel yang tertinggal itu adalah bom.

Polisi tidak menahan siapa pun dalam insiden itu dan pihak bandara menyatakan tak ada penerbangan lain yang terpengaruh pendaratan darurat pesawat Delta ini. Pesawat yang membawa 208 penumpang dan 11 awak itu kemudian mengisi ulang bahan bakar dan melanjutkan perjalanan ke New York.

Ini adalah insiden pendaratan darurat kedua pesawat penumpang pada hari Senin. Sebelumnya, sebuah Airbus A330-300 milik maskapai Virgin Atlantic juga mendarat darurat di Bandara Gatwick, London, setelah ada asap di dalam kabin pesawat. Sebanyak 15 orang luka-luka saat turun dari pesawat menggunakan perosotan darurat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X