Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Tertinggal Dikira Bom, Delta Airlines Mendarat Darurat

Kompas.com - 17/04/2012, 10:39 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

DUBLIN, KOMPAS.com — Sebuah pesawat Boeing 767-300 milik maskapai penerbangan AS, Delta Air Lines, memutuskan mendarat darurat di Dublin, Irlandia, Senin (16/4/2012), setelah menemukan telepon seluler ditinggal dalam keadaan tertancap di stop kontak di salah satu toilet pesawat itu. Para awak pesawat khawatir ponsel itu adalah bom.

Pesawat tersebut dalam penerbangan dari Istanbul, Turki, menuju Bandara John F Kennedy di New York, AS, saat pilot meminta izin mendarat darurat di Bandara Dublin. Menurut juru bicara Otoritas Penerbangan Irlandia, Lilian Cassin, pesawat mendarat tanpa insiden kemudian dibawa ke ujung terisolasi dari landasan pacu bandara tersebut.

Kepolisian nasional Irlandia, Garda Siochana, langsung mengerahkan personelnya ke dalam pesawat dan memeriksa penumpang untuk mengetahui siapa pemilik ponsel tersebut. Belakangan terungkap, seorang penumpang memutuskan mengisi ulang baterai ponselnya di stop kontak yang disediakan untuk alat cukur listrik di toilet.

Saat ada penumpang lain masuk ke toilet tersebut, ia curiga ponsel yang tertinggal itu adalah bom.

Polisi tidak menahan siapa pun dalam insiden itu dan pihak bandara menyatakan tak ada penerbangan lain yang terpengaruh pendaratan darurat pesawat Delta ini. Pesawat yang membawa 208 penumpang dan 11 awak itu kemudian mengisi ulang bahan bakar dan melanjutkan perjalanan ke New York.

Ini adalah insiden pendaratan darurat kedua pesawat penumpang pada hari Senin. Sebelumnya, sebuah Airbus A330-300 milik maskapai Virgin Atlantic juga mendarat darurat di Bandara Gatwick, London, setelah ada asap di dalam kabin pesawat. Sebanyak 15 orang luka-luka saat turun dari pesawat menggunakan perosotan darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com