Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jim Yong-kim Pemimpin Baru Bank Dunia

Kompas.com - 17/04/2012, 09:45 WIB
Anastasia Joice

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Seperti telah diduga sebelumnya, Senin (16/4/2012), Bank Dunia secara aklamasi memilih calon dari AS, Jim Yong-kim, sebagai pemimpin baru lembaga multilateral tersebut.

Bank Dunia memilih ahli kesehatan dan pendidik Korea-Amerika itu ketimbang calon dari Nigeria, Menteri Keuangan Ngozi Okonjo-Iweala. Padahal, tekanan dari negara berkembang agar pemimpin Bank Dunia tidak lagi didominasi AS semakin besar.

Untuk pertama kali dalam 66 tahun, calon dari AS mendapatkan pesaing. Biasanya hanya ada calon tunggal dari AS yang secara aklamasi terpilih. Kim yang merupakan pimpinan di Dartmouth College akan mengantikan Robert Zoellick.

Latar belakang Kim berbeda dengan latar belakang pemimpin Bank Dunia sebelumnya. Ada 11 bankir AS dan diplomat yang sudah memegang jabatan ini sebelum Kim.

Dalam pernyataannya dari Lima, Peru, Kim berjanji akan mencari keseimbangan baru di Bank Dunia seiring dengan cepatnya perubahan. "Di kawasan kumuh di Lima, saya belajar bagaimana ketidakadilan dapat menghancurkan kehidupan dan harapan orang miskin," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com