Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Siapkan Puluhan Pelaku Bom Bunuh Diri

Kompas.com - 16/04/2012, 11:03 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

KABUL, KOMPAS.cm- Selain ibukota Kabul, tiga kota di sebelah timur Afghanistan juga menjadi sasaran serangan mendadak tersistematis pasukan milisi Taliban sejak dua hari terakhir. Ketiga kota itu antara lain Jalalabad, Gardez, dan Pul-e-Alam.

Selain serangan senjata berat, para milisi juga mengancam meledakkan markas-markas pasukan NATO dengan menggunakan para pelaku bom bunuh diri.

Salah seorang pelaku bom bunuh diri dilaporkan juga sudah berada di bangunan dekat markas NATO di Kabul dan tengah menembaki gedung Pusat Latihan Militer Kabul dan markas gabungan pasukan NATO dari Yunani dan Turki.

Menurut jurubicara milisi Taliban, Zabiullah Mujahid, Senin (16/4/2012), pihaknya telah mempersiapkan puluhan pelaku bom bunuh diri yang akan dikirim ke keempat provinsi di negeri itu. Serangan tersebut telah direncanakan sejak dua bulan sebelumnya.

Lebih lanjut, menurut Mujahid, serangan itu mereka lakukan untuk mematahkan klaim NATO sebelumnya, yang menyebut kekuatan mereka semakin turun dan melemah.

Sebelumnya, NATO juga menyebutkan tak ada indikasi para milisi Taliban akan merencanakan serangan memasuki musim semi kali ini. "Kami masih sangat kuat dan dapat menyerang lokasi mana pun yang kami mau. Serangan ini hanya lah (tembakan) salvo pembuka dari serangan-serangan kami lainnya yang akan dilancarkan," ujar Mujahid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com