Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roket Gagal, Korut Siapkan Nuklir

Kompas.com - 14/04/2012, 09:33 WIB

PYONGYANG, JUMAT - Korea Utara diduga akan mempercepat uji coba bom nuklir ketiga untuk menutupi rasa malu atas kegagalan peluncuran roket pada Jumat (13/4). Uji nuklir itu diperlukan untuk menyelamatkan legitimasi pemimpin Korea Utara saat ini, Kim Jong Un.

Hampir semua pengamat masalah Korea dan pihak Pemerintah Korea Selatan (Korsel) berpendapat, uji coba nuklir Korea Utara (Korut) akan segera dilakukan. ”Kemungkinannya sangat tinggi bahwa akan ada peluncuran roket jarak jauh lagi atau uji nuklir atau provokasi militer untuk memperkuat solidaritas internal (Korut),” kata seorang pejabat tinggi Kementerian Pertahanan Korsel di hadapan parlemen.

Marcus Noland, pakar Korut dari Peterson Institute for International Economics di Washington DC, menyatakan, uji coba nuklir ketiga Korut kini tak terelakkan lagi. ”Sebelum peluncuran roket ini, uji nuklir ketiga Korut masih berupa kemungkinan. Kini, itu bisa dikatakan sudah pasti akan terjadi,” tulis Noland di blognya.

Toshimitsu Shigemura, pengamat Korut dari Universitas Waseda, Tokyo, mengatakan, sebagai pemimpin baru yang masih sangat muda dan kemampuannya diragukan, Jong Un butuh melakukan sesuatu untuk mencari legitimasi. ”Untuk memperoleh legitimasi itu, dia butuh peluncuran satelit atau rudal yang sukses, tetapi ternyata gagal,” ujar Shigemura.

Meledak di udara

Roket Korut sepanjang 30 meter yang diberi nama Unha-3 (Galaksi-3) diluncurkan secara diam-diam dari lokasi peluncuran di Cholsan, bagian barat laut Korut, Jumat, pukul 7 lewat 38 menit dan 55 detik.

Namun, roket itu hanya terbang selama 2 menit dan 15 detik sebelum pecah di udara. ”Kami yakin rudal itu pecah jadi dua, kemungkinan karena meledak,” kata Kim Min Seok, Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korsel.

Roket pecah saat mencapai ketinggian 70,5 kilometer di atas Laut Kuning pada kecepatan 5,6 kali kecepatan suara. Dua potongan roket itu terus meluncur hingga ketinggian 151,4 kilometer sebelum pecah menjadi kepingan-kepingan kecil dan jatuh di perairan sebelah barat Korsel.

Korut bersikeras menyebut roket itu diluncurkan untuk menempatkan satelit bertujuan sipil di orbit. Namun, pihak Komando Pertahanan Angkasa Amerika Utara (Norad) mengatakan, roket itu adalah rudal jarak jauh Taepodong 2.

(Reuters/AP/AFP/CNN/DHF)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com