53 Napi di Rutan Sigli Melarikan Diri

Kompas.com - 11/04/2012, 21:54 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 53 narapidana (napi) di Rumah Tahanan (Rutan) Sigli, Aceh melarikan diri setelah gempa berkekuatan 8,5 skala Richter.

"Sampai saat ini ada 53 napi yang belum kembali ke rutan dan polisi masih melakukan pengejaran," kata kata Kepala Divisi Kemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Aceh, Jauhar Fardin saat dihubungi di Jakarta, Rabu (11/4/2012) malam.

Jauhar menceritakan bahwa saat terjadi gempa pertama dan ada kabar bahwa air di Pantai Sigli mulai naik, petugas bersama dengan para napi keluar untuk menyelamatkan diri.

"Letak Rutan Sigli kebetulan di belakangnya adalah pantai dan kabar dari masyarakat bahwa air laut mulai naik, maka semua penghuni dan petugas ke luar untuk menyelamatkan diri," katanya.

Lima menit kemudian karena dirasa aman, para napi disuruh masuk kembali ke rutan. Jumlah napi seluruhnya di Rutan Sigli sebanyak 221 orang, setelah dihitung penghuninya kurang 60 orang.

"Kemudian dari 60 orang tersebut, tujuh orang kembali ke Rutan Sigli, sementara 53 orang belum kembali," kata Jauhar.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X