Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diancam Bom, Pesawat Korean Airlines Mendarat Darurat

Kompas.com - 11/04/2012, 11:41 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

TORONTO, KOMPAS.com - Sebuah pesawat penumpang Boeing 777 milik maskapai Korean Airlines (KAL) mendarat darurat di sebuah pangkalan militer Kanada di Pulau Vancouver, Kanada, setelah menerima ancaman bom. Pesawat mendarat dengan dikawal dua pesawat tempur F-15 Angkatan Udara AS.

Menurut siaran pers KAL, sekitar 25 menit setelah pesawat itu tinggal landas dari Bandar Udara Internasional Vancouver, Kanada, kantor maskapai tersebut di Los Angeles, AS, mendapat telepon yang berisi ancaman bom di dalam pesawat. Setelah berdiskusi dengan departemen-departemen terkait, pihak KAL akhirya memutuskan untuk memerintahkan pesawat itu berputar balik.

Pesawat akhirnya mendarat di pangkalan AU Kanada di Comox, di Pulau Vancouver, yang berjarak sekitar 112 kilometer dari kota Vancouver, Selasa (10/4/2012), pukul 17.30 waktu setempat. Pesawat dengan nomor penerbangan 72 itu dijadwalkan terbang menuju Seoul, Korea Selatan.

Pihak AU AS mengerahkan dua pesawat tempur F-15 Eagle dari pangkalan mereka di Portland, Oregon, untuk mengawal pesawat Korea Selatan tersebut.

Juru bicara Bandara Internasional Vancouver Alisa Cloag mengatakan, pesawat mendarat dengan selamat di pangkalan udara Comox, sekitar tiga jam setelah lepas landas dari Vancouver.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com