Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penculik Bebaskan Diplomat Kosta Rika

Kompas.com - 11/04/2012, 10:31 WIB

SAN JOSE, KOMPAS.com - Para penculik membebaskan diplomat Kosta Rika, Guillermo Cholele, yang diculik Minggu (8/4/2012) malam di ibu kota Venezuela, Caracas, kata Kementerian Luar Negeri Kosta Rika, Selasa.

Berita pembebasan Cholele berasal dari Duta Besar Kosta Rika untuk Venezuela, Nazareth Avendano, yang diberi tahu beberapa sumber diplomatik dan polisi Venezuela, kata Kementerian Luar Negeri tersebut.

Avendano mengatakan, diplomat itu baik-baik saja dan berada dalam pengamanan polisi untuk menjalani pemeriksaan fisik serta menjawab beberapa pertanyaan. Keluarga Cholele telah diberi tahu.

"Berita tersebut muncul sebagai kelegaan besar bagi keluarga Guillermo Cholele dan Kementerian Luar Negeri," kata Menteri Luar Negeri Kosta Rika, Enrique Castill. Ia menambahkan, ia berharap akan menerima keterangan lebih lanjut dalam beberapa jam ke depan.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Venezuela Tareck El Aissami juga mengumumkan pembebasan Cholele pada Selasa melalui Twitter. Ia mengatakan, "Diplomat Kosta Rika itu dibebaskan, berada dalam kondisi fisik baik dan sehat. Ia berada di bawah perlindungan polisi dan akan bersatu dengan keluarganya."

Senin lalu, pemerintah Venezuela segera menunjuk Kantor Kejaksaan Umum untuk menyelidiki penculikan itu, bersama dengan Satuan Penyidik Kriminal dan Pidana (CICPC) dan Satuan Anti-Pemerasan dan Penculikan.

Caracas adalah salah satu kota besar paling berbahaya di Amerika Latin. Aksi kejahatan seperti penculikan sering terjadi di sana.

Di antara korban penculikan paling akhir adalah Duta Besar Meksiko Carlos Pujalte dan istrinya, konsul jenderal Cile, atase militer Bolivia, putra duta besar Vietnam, dan seorang pemain bola basket AS, kata beberapa sumber media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com