Penculik Bebaskan Diplomat Kosta Rika

Kompas.com - 11/04/2012, 10:31 WIB
EditorEgidius Patnistik

SAN JOSE, KOMPAS.com - Para penculik membebaskan diplomat Kosta Rika, Guillermo Cholele, yang diculik Minggu (8/4/2012) malam di ibu kota Venezuela, Caracas, kata Kementerian Luar Negeri Kosta Rika, Selasa.

Berita pembebasan Cholele berasal dari Duta Besar Kosta Rika untuk Venezuela, Nazareth Avendano, yang diberi tahu beberapa sumber diplomatik dan polisi Venezuela, kata Kementerian Luar Negeri tersebut.

Avendano mengatakan, diplomat itu baik-baik saja dan berada dalam pengamanan polisi untuk menjalani pemeriksaan fisik serta menjawab beberapa pertanyaan. Keluarga Cholele telah diberi tahu.

"Berita tersebut muncul sebagai kelegaan besar bagi keluarga Guillermo Cholele dan Kementerian Luar Negeri," kata Menteri Luar Negeri Kosta Rika, Enrique Castill. Ia menambahkan, ia berharap akan menerima keterangan lebih lanjut dalam beberapa jam ke depan.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Venezuela Tareck El Aissami juga mengumumkan pembebasan Cholele pada Selasa melalui Twitter. Ia mengatakan, "Diplomat Kosta Rika itu dibebaskan, berada dalam kondisi fisik baik dan sehat. Ia berada di bawah perlindungan polisi dan akan bersatu dengan keluarganya."

Senin lalu, pemerintah Venezuela segera menunjuk Kantor Kejaksaan Umum untuk menyelidiki penculikan itu, bersama dengan Satuan Penyidik Kriminal dan Pidana (CICPC) dan Satuan Anti-Pemerasan dan Penculikan.

Caracas adalah salah satu kota besar paling berbahaya di Amerika Latin. Aksi kejahatan seperti penculikan sering terjadi di sana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di antara korban penculikan paling akhir adalah Duta Besar Meksiko Carlos Pujalte dan istrinya, konsul jenderal Cile, atase militer Bolivia, putra duta besar Vietnam, dan seorang pemain bola basket AS, kata beberapa sumber media.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X