Jenna Talackova Bisa Ikut Putri Sejagat Tahun Depan

Kompas.com - 10/04/2012, 23:05 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

NEW YORK, KOMPAS.com — Jenna Talackova (23) asal Vancouver, Kanada, yang menjalani operasi pergantian kelamin dari laki-laki menjadi perempuan, urung mengikuti kontes Putri Sejagat tahun ini. Jenna yang terlahir sebagai laki-laki sebelumnya dilarang untuk ikut dalam kontes yang menampilkan perempuan-perempuan cantik sejagat. Namun, panitia Putri Sejagat, Selasa (10/4/2012), akhirnya membolehkan Jenna ikut pada kontes tahun depan.

Jenna sebelumnya menghendaki ikut dalam kontes tahun ini, tetapi statusnya yang transjender membuat dia ditampik. Namun, belakangan Jenna diperbolehkan ikut. Donald Trump yang mengetuai organisasi Putri Sejagat ini mendukung keikutsertaan Jenna.

Dengan keputusan ikut pada kontes Putri Sejagat tahun depan, maka Jenna sudah mulai menjalani seleksi kecantikan pada musim panas ini. Keputusan ini datang lima hari setelah pihak panitia kontes menegaskan bahwa Jenna bisa ikut kontes kecantikan pada tahun ini. Namun, keputusan ini kemudian diralat.

Jenna yang lahir di Vancouver menjalani operasi pergantian kelamin empat tahun lalu. Jenna yang semula laki-laki kini tampil utuh tak ubahnya seorang perempuan.

Status seks Jenna ini ditampik panitia Putri Sejagat yang ke-62 Kanada. Mereka beralasan, kontes ini hanya terbuka bagi mereka yang terlahir sebagai perempuan.

Namun, kelompok pembela GLAAD menyerukan kepada organisasi Putri Sejagat agar meninjau kasus Jenna dan membuka kompetisi ini bagi mereka yang berstatus transjender seperti Jenna. Sayangnya, Jenna masih harus menunggu setahun lagi untuk beraksi layaknya putri-putri cantik sejagat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.