Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Iran, Dua Kapal Induk AS Merapat ke Teluk

Kompas.com - 10/04/2012, 08:55 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) terus menekanan Iran dengan kehadiran dua kapal induk di dekat Teluk menjelang dimulainya kembali pembicaraan nuklir dengan Teheran minggu ini.

"Saat ini ada dua kapal induk di daerah operasi Armada ke-5 AS," kata jurubica angkatan laut AS, Komodor John Fage, Senin (9/4/2012). "USS Abraham Lincoln saat ini berada di utara Laut Arab (bukan di Teluk) dan USS Enterprise sedang transit di Teluk Aden."

Enterprise menggantikan USS Carl Vinson, yang telah meninggalkan zona itu untuk melakukan manuver di Teluk Benggala sebelum kemudian kembali ke pantai barat Amerika Serikat.

Kehadiran angkatan laut AS di Teluk digambarkan sebagai hal yang rutin oleh Pentagon. Namun ketegangan telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir menyusul ancaman Iran untuk menutup Selat Hormuz, sebuah celah sempit pada jalur penting pelyaran minyak global di wilayah itu.

Pada Januari, Kepala Pentagon Leon Panetta mengatakan, Amerika Serikat "sepenuhnya siap" untuk berkonfrontasi dengan Iran terkait Selat Hormuz. Namun ia mengatakan, pihaknya berharap perselisihan itu diselesaikan secara damai. Teheran, Desember lalu, mengancam untuk menutup selat - di mana seperlima minyak dunia yang diperdagangkan melewati selat itu - jika terjadi serangan militer atau pengetatan sanksi internasional terkait sengketa program nuklirnya.

Iran, Senin, menegaskan, perundingan nuklir pada pekan ini dengan negara-negara kuat dunia akan berlangsung di Istanbul.

Iran terakhir mengadakan pembicaraan dengan apa yang disebut kekuatan P5 +1, yaitu para anggota tetap Dewan Keamanan PBB (Inggris, China, Perancis, Rusia dan Amerika Serikat ditambah Jerman) pada Januari 2011. Ketika itu, pembicaraan berakhir tanpa hasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com