Diplomat Kosta Rika Diculik di Caracas

Kompas.com - 10/04/2012, 08:17 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

CARACAS, KOMPAS.com - Pemerintah Venezuela melakukan investigasi setelah diplomat Kosta Rika diculik dari dalam mobilnya di Caracas akhir pekan lalu.

Para pejabat Venezuela mengatakan penculik bersenjata mencegat kendaraan yang ditumpangi Guillermo Cholele di sebelah timur Caracas Minggu malam dan memaksanya masuk ke dalam sebuah van.

Kosta Rika "menganggap peristiwa ini sangat serius. Para penculik telah menghubungi keluarga Guillermo di Kosta Rika dan meminta uang tebusan," demikian pernyatan Kementerian Luar Negeri yang ditilis di San Jose, seperti dikutip Channel NewsAsia, Selasa (10/4/2012).

Menteri Dalam Negeri Venezuela Tareck El Aissami mengatakan, saat ini penyelidikan sedang berlangsung dan ditangani langsung di "tingkat tertinggi... agar diplomat Kosta Rika dibebaskan".

Para diplomat sebelumnya menjadi target di ibu kota negara yang paling berbahaya di Amerika Latin.

Duta Besar Meksiko dan istrinya diculik dan dirampok awal tahun ini, namun akhirnya dibebaskan tanpa cedera. Atase militer Bolivia juga sempat diculik, demikian halnya putra Dubes Vietnam.

Konsul Jenderal Cile ditembak dan dipukuli pada bulan November lalu, korban "penculikan tercepat" selama dua jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dan salah satu penculikan paling heboh ketika pemain baseball profesional dari tim Washington Nationals, Wilson Ramos diculik dan diselamatkan pasukan keamanan.

Penculikan di Venezuela sangat menguntungkan karena pelakunya sering tidak dihukum. Para penculik biasanya membebaskan korban penculikan setelah keluarga membayar uang tebusan.

Tahun 2009 merupakan tahun paling banyak terjadi penculikan di Venezuela, di mana tercatat 16.917 penculikan. Angka ini diperkirakan lebih tinggi oleh lembaga swadaya masyarakat.

Pemerintah Venezuela meluncurkan program untuk membersihkan tubuh kepolisian dan melucuti senjata penduduk untuk mengatasi kejahatan yang terus meningkat di negeri itu.

Tingkat pembunuhan di Venezuela, 48 kasus pembunuhan per 100.000 penduduk pada tahun 2010, angka ini lima kali lebih tinggi dibandingkan angka rata-rata dunia.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.