Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Imigran Merapat di Dermaga Indah Kiat

Kompas.com - 09/04/2012, 11:09 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

CILEGON, KOMPAS.com — Pada Senin (9/4/2012) sekitar pukul 10.00 WIB akhirnya kapal tanker Hermia yang menyelamatkan 120 imigran asal Afganistan bersandar di Dermaga Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten.

Sehari sebelumnya, kapal kayu yang ditumpangi para imigran tersebut mengalami kerusakan dan karam di perairan sekitar Pulau Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Banten. Para imigran terlihat duduk dan berdiri di atas geladak. Polisi terlihat berjaga di sekeliling mereka. Kapal patroli Pelatuk 019 mengawal tanker tersebut saat melayari Selat Sunda.

"Personel mengawal kapal ini dari perairan sekitar Pulau Panaitan sampai ke sini," kata Direktur Polisi Air Kepolisian Daerah Banten Komisaris Besar Budhi Hermawan saat ditemui di Dermaga Indah Kiat.

Awak kapal selanjutnya menyiapkan tangga untuk turun ke dermaga. Hingga beberapa menit selepas pukul 10.30, para imigran belum turun ke dermaga. Kepala Kantor Imigrasi Cilegon MT Satiawan mengatakan, para imigran selanjutnya akan didata, termasuk mengenai status mereka sebagai pengungsi atau bukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com