Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artefak Senilai Rp 28,9 Miliar Dicuri dari Museum

Kompas.com - 07/04/2012, 23:37 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Dua artefak dari era Dinasti Qing, China, hilang digondol maling di Inggris utara, Kamis (5/4/2012) malam waktu setempat. Polisi telah menangkap para tersangka pelaku, tetapi artefak tersebut belum ditemukan.

Pihak berwajib Inggris pada Sabtu (7/4/2012) mengatakan, dua artefak tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dan diperkirakan bernilai dua juta poundsterling (Rp 28,9 miliar). Dua benda bersejarah itu dicuri dari Museum Oriental Universitas Durham di Inggris utara.

Dua benda yang dicuri dari lantai dasar museum itu adalah sebuah mangkuk besar terbuat dari batu giok yang bertuliskan puisi China dari tahun 1769 dan sebuah patung porselen Dehua. "Dua benda itu sangat signifikan karena keduanya adalah contoh keindahan artefak dari era Dinasti Qing," tutur Craig Barclay, kurator museum itu.

Kepolisian Durham telah menangkap dua pria dan satu perempuan di kawasan West Midlands, yang diduga terlibat dalam aksi pencurian itu. Namun, sampai saat ini, dua artefak itu belum ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com