Rusia Mulai Bersihkan Ranjau di Chechnya

Kompas.com - 05/04/2012, 13:32 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

MOSKWA, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Rusia memanggil para pakar penjinak bahan peledak ke Chechnya untuk memulai proses pembersihan ranjau darat di wilayah yang pernah dilanda perang itu. Ribuan warga sipil telah menjadi korban ranjau-ranjau darat tersebut.

"Para penyapu ranjau akan menyisir kawasan pertanian seluas 5.000 hektar (di Chechnya)," kata Mayor Jenderal Yury Stavitsky dari Kemhan Rusia, Rabu (4/4/2012). Rusia dua kali menggelar perang melawan kelompok separatis di Chechnya dalam dua dekade terakhir.

Presiden Chechen Ramzan Kadyrov sudah berulang kali menyuarakan keprihatinan kondisi di Chechnya terkait ranjau darat ini. Hingga Oktober tahun lalu, jumlah warga sipil yang tewas akibat ranjau darat sudah mencapai 2.100 orang, termasuk 150 anak-anak.

Stavitsky menambahkan, satu batalion khusus penyapu ranjau saat ini sedang dilatih di Kawasan Moskwa dan akan dikirim ke Distrik Militer Selatan, termasuk Chechnya, bulan depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.