Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suu Kyi: Rayakan Kemenangan dengan Martabat

Kompas.com - 02/04/2012, 11:43 WIB

YANGON, KOMPAS.com — Pemimpin oposisi Myanmar menyerukan "kemenangan rakyat" setelah partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), mendeklarasikan keberhasilannya memenangi satu kursi parlemen untuk kali pertama.

"Hal yang lumrah jika anggota dan pendukung NLD bersuka cita saat ini," katanya dalam sebuah pernyataan, Senin (2/4/2102).

"Namun, perkataan, tingkah laku, dan tindakan yang bisa menyakiti dan membuat sedih partai atau orang lain harus dihindari. Saya minta semua anggota NLD memastikan bahwa kemenangan rakyat ini menjadi kemenangan yang bermartabat," imbuh ikon demokrasi Myanmar itu.

Kemenangan itu akan menandai perubahan dramatis dalam karier politik Suu Kyi yang selama 22 terakhir menjadi tahanan rumah junta militer Myanmar.

Hasil resmi pemilu yang dilangsungkan Minggu (1/4/2102) itu diharapkan diumumkan dalam sepekan ini.

Para pengamat menilai pemerintah "sipil" Myanmar memerlukan keberadaan Suu Kyi di parlemen untuk mengesahkan sistem politik mereka dan mendapat keringanan sanksi Barat terhadap rezim tersebut.

Meski NLD memenangi 45 kursi yang diperebutkan dalam pemilu, parlemen masih sangat didominasi militer dan mantan tokoh militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com