Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberontak Suriah Akan Mendapat Gaji

Kompas.com - 02/04/2012, 08:06 WIB

Para pemberontak yang melawan Presiden Suriah, Bashar al-Assad, akan mendapat gaji, seperti diumumkan oleh kelompok oposisi Dewan Nasional Suriah, SNC.

Selain itu, tentara yang membelot dari pemerintah juga akan mendapat bayaran. Keputusan tersebut diumumkan setelah pertemuan di Istanbul, Turki, Minggu 1 April.

Dana untuk pembayaran tersebut berasal dari negara-negara Teluk, yang akan menyumbang jutaan dollar ke SNC setiap bulannya.

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan dari sekitar 70 negara juga menegaskan dukungan atas perubahan politik di Suriah dan mengakui SNC sebagai perwakilan sah dari warga Suriah.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, mengatakan pemerintahnya akan memberi bantuan langsung dalam bidang komunikasi kepada kubu oposisi.

"Pemahaman saya adalah oposisi meningkatkan intensitasnya, bukan berkurang. Mereka tidak hanya menjadi lebih terfokus dan lebih terorganisir namun juga lebih meluas dan melibatkan lebih banyak," tutur Clinton kepada para wartawan.

Rusia dan China tidak hadir

Wartawan BBC di Istanbul, Jonathan Head, melaporkan keputusan untuk membayar gaji kepada para pemberontak merupakan langkah yang penting dalam mengakui perlawanan bersenjata sebagai upaya untuk menjatuhkan Presiden al-Assad.

Selepas pertemuan, Menteri Luar Negeri Turki, Ahmet Davutoglu, menegaskan bahwa usulan perdamaian yang diajukan mantan Sekjen PBB, Kofi Annan -yang secara prinsip sudah disepakati pemerintah Damaskus- bukan merupakan sesuatu yang kaku.

"Kami akan melihat yang terjadi dalam beberapa hari, khususnya menyangkut misi Kofi Annan dan akan melihat alternatif-alternatif untuk membantu warga Suriah."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com