Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen ASEAN: Pemilu Myanmar Berjalan Baik

Kompas.com - 01/04/2012, 17:47 WIB

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Pemungutan suara bersejarah di Myanmar berlangsung "cukup baik" kata Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan, Minggu (1/4/2012).

Ia mengatakan bahwa hal itu merupakan pertanda baik bagi negara tersebut dalam mewujudkan target reformasinya.

"Saya menduga semuanya berjalan cukup baik sampai titik ini," kata Surin kepada wartawan di ibukota Kamboja, Phnom Penh, di saat para pejabat Asia Tenggara bersiap menggelar KTT ASEAN.

"Saya telah berhubungan dengan tim dengan cukup intens dan mereka melaporkankan terdapatnya antusiasme yang besar, kewaspadaan dan kesadaran penuh dari semua pihak yang terlibat dalam pemilihan umum," tambahnya.

"Ini pertanda baik untuk Myanmar."

Pemilih di Myanmar berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara pada Minggu untuk memberikan suara dalam pemilihan umum yang diharapkan dapat membawa peraih penghargaan Nobel Aung San Suu Kyi ke kursi parlemen untuk pertama kalinya dan menjadi bagian dari reformasi politik yang dramatis.

Tim pengamat dari ASEAN termasuk di antara mereka yang diundang oleh Myanmar untuk memantau pemilihan umum.

Catatan hak asasi manusia yang buruk dan sejarah penindasan politik terhadap kelompok yang berbeda pendapat di Myanmar acapkali menodai pertemuan ASEAN di masa lalu, yang membuat malu negara-negara yang lebih demokratis di kawasan itu.

Presiden Myanmar Thein Sein akan menghadiri pertemuan puncak pada Selasa dan Rabu di Phnom Penh dalam bayang-bayang persetujuan masyarakat internasional akan reformasi di negaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com