Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbakar, Kapal Pesiar Terkatung di Perairan Filipina

Kompas.com - 31/03/2012, 14:24 WIB

MANILA, KOMPAS.com — Sebuah kapal pesiar mewah dengan sekitar 600 turis Barat terkatung-katung di perairan Filipina barat, Sabtu (31/3/2012), setelah mengalami kebakaran kecil yang melukai seorang awak, kata Pemerintah Filipina.

Kebakaran tersebut melumpuhkan dua mesin kapal pesiar itu, yaitu Azamara Quest, pada Kamis malam ketika kapal tersebut dalam perjalanan ke pelabuhan Sandakan, Malaysia, kata juru bicara Departemen Transportasi Filipina, Nicasio Conti, kepada radio DZBB di Manila.

"Api telah berhasil dipadamkan, tetapi mereka tidak dapat menghidupkan dua mesin itu sehingga sekarang terkatung-katung di antara Pulau Palawan dan pelabuhan Zamboanga," tambah Conti.

Tak ada penumpang, yang kebanyakan orang Amerika dan Eropa, terluka akibat insiden itu, tetapi seorang awak telah diberikan perawatan medis di atas kapal karena mengalami cedera, katanya.

Penjaga pantai Filipina mengirimkan sebuah kapal penyelamat. Sementara operator Azamara Quest, yaitu Royal Caribbean International yang berbasis di Miami, Florida, AS, mengirimkan sebuah kapal tunda ke daerah itu yang terdapat di tengah Laut Sulu, kata juru bicara itu.

Aurelio Robert, agen lokal untuk Wallem Philippines Shipping yang mewakili kapal pesiar itu, mengatakan kepada AFP bahwa dia tidak memiliki informasi tentang kebakaran yang dilaporkan tersebut. Kapal pesiar itu berlayar dari Manila pada hari Rabu dan berencana untuk mengunjungi Indonesia.

Para petugas penjaga pantai di Manila juga mengatakan kepada AFP bahwa mereka tidak memiliki informasi segera tentang kebakaran di atas kapal itu. Kapal pesiar berbendera Malta tersebut di situsnya dijelaskan sebagai kapal berbobot 30.277 ton dengan 355 awak dan berkapasitas maksimal 694 penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com