Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tempatkan S-400 di Timur Jauh

Kompas.com - 31/03/2012, 13:13 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Rusia akan menempatkan sistem pertahanan antiserangan udara terbaru, S-400 Triumf, di kawasan Rusia Timur Jauh, dekat dengan "titik-titik panas" di Asia Timur. Penempatan sistem rudal tersebut akan dilakukan sebelum akhir tahun ini.

"Kami menerima sistem S-400 Triumf yang baru tahun ini sebagai bagian dari program modernisasi," tutur Komandan Angkatan Udara dan Pertahanan Udara Rusia Timur Jauh Kolonel Sergei Dronov, Jumat (30/3/2012).

Pertahanan udara di kawasan tersebut selama ini masih mengandalkan versi modifikasi dari sistem S-300 peninggalan era Uni Soviet.

Dronov tidak menyebutkan berapa jumlah S-400 yang akan ditempatkan di Timur Jauh. Namun, pertengahan Maret lalu Kepala Staf AU Rusia Mayor Jenderal Viktor Bondarev mengatakan, sedikitnya satu batalyon S-400 sedang disiapkan di kawasan Nakhodka, yang terletak di sisi utara Laut Jepang.

Angkatan bersenjata Rusia saat ini memiliki tiga resimen aktif S-400, dua ditempatkan di dekat Moskwa, dan satu lagi di kawasan Baltik, Eropa. Sistem S-400 dilengkapi rudal jarak menengah sampai jarak jauh untuk mencegat segala bentuk ancaman udara, mulai dari pesawat, pesawat tak berawak, rudal jelajah, maupun rudal balistik, dengan jarak tembak hingga 400 kilometer dan ketinggian 30 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com