Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Kepala Intelijen KGB Bunuh Diri

Kompas.com - 31/03/2012, 05:47 WIB

MOSKOW, KOMPAS.com - Leonid Shebarshin, mantan kepala intelijen KGB era Uni Sovyet, ditemukan tewas di apartemennya di Moskow dalam insiden yang tampaknya bunuh diri, kata penyelidik Rusia, Jumat (30/3/2012).

Shebarshin (77), yang memimpin Direktorat Utama Satu, sebuah badan intelijen asing di KGB selama 1989-1991, tampaknya bunuh diri, kata Komite Penyelidik di situs beritanya, www.sledcom.ru.

Sepucuk senjata, yang diberikan kepadanya saat pensiun, ditemukan di dekat mayatnya.

Mantan intel yang lancar berbahasa Urdu itu bertugas di Pakistan, India dan Iran pada 1950-an hingga 1970-an. Ia diangkat sebagai wakil kepala intelijen asing di KGB pada 1987 dan dipromosikan menjadi pemimpin badan intelijen asing dinas rahasia itu pada 1989.

Shebarshin sempat menduduki posisi puncak KGB setelah kudeta garis keras gagal pada Agustus 1991, yang bertujuan menghentikan reformasi Presiden Mikhail Gorbachev. Ia mengundurkan diri dari kedinasan aktif tak lama setelah kudeta itu.

KGB terfragmentasi setelah runtuhnya Uni Sovyet. Badan intelijen asingnya yang dulu berjaya, kemudian lumpuh akibat kekurangan dana dan korupsi pada 1990-an, dan mengalami kerusakan reputasi setelah kegagalan-kegagalan spionase memalukan di luar negeri.

Badan intelijen AS membongkar keberadaan kelompok 10 intelijen Rusia yang beroperasi di wilayah negara itu pada 2010, diikuti pertukaran intelijen era Perang Dingin antara kedua pihak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com