Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India dan Rusia Akan Kembangkan Rudal Hipersonik

Kompas.com - 30/03/2012, 22:08 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com — India dan Rusia sedang membahas pengembangan rudal jelajah berkecepatan hipersonik. Dalam waktu dekat, kedua pihak segera menyepakati konsep dasar desain rudal baru tersebut.

Demikian diungkapkan Kepala Program Rudal Jelajah India-Rusia BrahMos, Praveen Pathak, di sela-sela pameran pertahanan Defexpo di New Delhi, India, Jumat (30/3/2012).

"Dalam waktu dekat, kami akan membentuk kelompok kerja bersama yang akan menentukan berbagai parameter rudal tersebut bersama pihak pengembang dan juga akan menentukan seberapa banyak setiap pihak akan berkontribusi pada program ini," tutur Pathak.

Menurut dia, rudal jelajah baru ini akan memiliki kecepatan 5-7,5 kali kecepatan suara dan akan dikembangkan dari rudal BrahMos yang saat ini sudah diproduksi.

"Kami ingin membuat senjata yang tidak akan berbeda jauh dari rudal BrahMos yang sudah ada dari segi berat dan dimensinya sehingga rudal itu nantinya akan bisa ditembakkan dari perangkat peluncur mobil dan kapal yang sudah ada. Dengan demikian, perubahan yang dilakukan tidak akan terlalu banyak untuk menjadikan rudal itu berkemampuan hipersonik," papar Pathak.

Rudal BrahMos dikembangkan bersama oleh India dan Rusia dari desain dasar rudal antikapal Yakhont buatan Rusia. Rudal BrahMos memiliki daya jelajah hingga 290 kilometer, kecepatan hingga Mach 2,8, dan bisa membawa hulu ledak berbobot 250 kilogram, serta dibuat untuk varian darat, laut, dan udara. (RIA Novosti/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com