Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chavez: Dukung Oposisi, Bank Swasta Dinasionaliasi

Kompas.com - 30/03/2012, 17:58 WIB

CARACAS, KOMPAS.com — Presiden Venezuela Hugo Chavez mengancam akan menasionalisasi bank dan perusahaan swasta yang mendukung oposisi pada pemilu Oktober mendatang.

Presiden berusia 57 tahun itu berorasi dalam kampanye pada Kamis (29/3/2012) sepulang menjalani radiasi kanker di Kuba.

Dalam pemilihan presiden 7 Oktober itu, Chavez akan menghadapi Henrique Capriles, politisi berusia 39 tahun yang menjadi calon tunggal kelompok oposisi.

Dalam rapat umum yang disiarkan langsung oleh televisi negara itu, Chavez mengatakan tengah membuat "daftar tindakan" yang akan diambil "jika ada serangan terhadap konstitusi, rakyat, dan institusi, atau jika kemenangan pasti rakyat diabaikan".

"Misalnya, saya mendapat laporan adanya sejumlah bank yang mendukung gerakan-gerakan itu.... atau beberapa korporasi besar nasional maupun internasional yang menghasilkan cukup banyak uang dan dan mendukung rencana oposisi," katanya.

"Tidak ada yang salah dengan menasionalisasi perusahaan-perusahaan besar yang melanggar konstitusi dan rencana nasional," tegas Chavez.

Selama 13 tahun berkuasa, Chavez sudah menasionalisasi sejumlah industri besar dan mengancam mengendalikan perusahaan-perusahaan swasta.

Dalam orasinya itu, Chavez juga menuduh oposisi "mulai membuka panggung kekerasan". Kata Chavez, "Kita harus memperingatkan dunia dan diri kita sendiri."

Pemimpin Venezuela itu berulang kali menegaskan, kemenangan oposisi akan membawa negara itu ke jalan perang dan kekerasan. Dia juga menyebut Capriles sebagai "babi rendahan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com