Papua Niugini Tahan Tujuh Nelayan Indonesia

Kompas.com - 30/03/2012, 15:32 WIB
Penulis Kris R Mada
|
EditorRobert Adhi Ksp

BATAM, KOMPAS.com — Papua Niugini masih menahan tujuh nelayan Indonesia. Negara itu satu-satunya tetangga yang masih menahan nelayan Indonesia.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Keluatan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Syahrin Abdurahman mengatakan, pihaknya tengah menegosiasikan pembebasan para nelayan itu. Ditargetkan pertengahan tahun ini seluruh nelayan itu sudah dipulangkan.

"Tim sudah bolak-balik ke Papua Niugini," ujarnya, Jumat (30/3/2012), di Natuna, Kepulauan Riau. Dalam dua tahun terakhir, KKP sudah membebaskan 250 nelayan. Mereka ditahan di Malaysia, Papua Niugini, Australia, dan Palau.

"Di Australia masih ada yang dalam proses administrasi atau ikut sidang. Tetapi, tidak ditahan," ujarnya.

Untuk mencegah penahanan di masa depan, KKP antara lain sudah membuat perjanjian dengan Malaysia. Perjanjian itu menetapkan Indonesia-Malaysia tidak akan menahan nelayan masing-masing bila ada masuk daerah perbatasan.

"Nelayan cukup dipulangkan jika masih di area perbatasan. Kalau melanggar terlalu jauh, perjanjian ini tidak berlaku," tuturnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.