Korut Mulai Isi Bahan Bakar Roket

Kompas.com - 29/03/2012, 08:45 WIB
EditorKistyarini

TOKYO, KOMPAS.com - Korea Utara telah memulai proses pengisian bahan bakar untuk roket untuk peluncuran yang dianggap Barat sebagai tes rudal, surat kabar Jepang melaporkan, Kamis (29/3/2012), setelah mengutip sumber "dekat dengan pemerintah" Pyongyang.

"Peluncuran (roket) itu kian dekat. Kemungkinan besar peluncuran itu akan dilakukan pada 12 atau 13 April," kata sumber itu menurut Tokyo Shimbun dalam sebuah laporan dari Seoul.

Surat kabar itu mengutip sumber yang mengatakan Korut sudah mulai menyuntikkan bahan bakar cair ke dalam roket tersebut. Koran itu juga melaporkan, sebuah sumber diplomatik membenarkan bahwa Korut telah memindahkan roket itu ke tempat peluncurannya di Tongchang-ri, di barat laut negara itu.

Laporan itu terbit setelah Korut menegaskan, Selasa (26/3/2012), negara itu akan tetap melanjutkan rencana peluncuran "satelit", mengabaikan seruan Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk membatalkannya. Korut juta menuduh Obama memiliki "pola pikir konfrontatif".

AS menunda rencana pengiriman bantuan makanan pada Korut dan mengatakan negara itu telah melanggar janji untuk menghentikan rencana peluncuran rudal. Seorang pejabat Pentagon mengatakan, Korut tidak bisa dipercaya untuk memberi bantuan pada pihak lain yang membutuhkan.

Negara-negara Barat dan negara-negara tetangga Korut mendesak Pyongyang untuk menghentikan peluncuran roket, yang dinilai sebagai upaya untuk mencoba uji coba teknologi rudal balistik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.