Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Assad Kunjungi Kota Homs

Kompas.com - 28/03/2012, 10:00 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com - Setelah Suriah telah menerima usulan rencana perdamaian yang diajukan Kofi Annan, Selasa (27/3/2012), Presiden Bashar al-Assad mengunjungi Kota Homs, jantung pemberontakan dan benteng pertahanan pemberontak Suriah, Reuters melaporkan.

Seperti diberitakan selama ini, Homs menjadi sasaran gempuran militer Suriah selama berminggu-minggu.

Televisi pemerintah Suriah menayangkan kunjungan Assad tersebut. Mengenakan kemeja biru muda dan jas biru tua, Assad tampak berjalan dengan santai di jalan-jalan di distrik Baba Amr yang hancur. Dia juga berbicara dengan sekelompok pendukungnya dan tentara yang mengenakan seragam tempur.

Baba Amr merupakan simbol perlawanan pasukan pemberontak dan oposisi sampai direbut kembali oleh aparat keamanan pemerintah awal Maret lalu yang membombardir kawasan itu selama 26 hari.

"Kehidupan kembali normal di Baba Amr, lebih baik dari sebelumnya," lanjutnya.

Para aktivis mengatakan, ratusan warga sipil dan penentang Assad terbunuh di Baba Amr selama Februari lalu akibat gempuran senjata berat dan tembakan petembak jitu.

"Dia mengira dia menang dan merebut kemenangan besar," kata Saif Hurria, seorang aktivis oposisi yang berbicara melalui telepon dari Homs.

"Dia ingin menunjukkan pada dunia bahwa dia telah mengalahkan dan menumpak revolusi. Namun.... tampaknya dia tidak bisa menayangkan video (kunjungan) itu sampai dia meninggalkan Homs. Itu namanya bukan mengendalian," lanjutnya.

Pendukung lain gerakan oposisi, Abu Jaafar mengatakan, kemunculan Assad i Homs adalah untuk "memberi lampu hijau untuk kembali membunuh."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com