Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenna Gagal Ikut Miss Universe Karena Ternyata Laki-laki

Kompas.com - 27/03/2012, 13:42 WIB

KOMPAS.com - Kontes kecantikan untuk waria atau kaum transgender mungkin sudah pernah ada, namun kontes Miss Universe tampaknya belum memberi peluang bagi kaum transgender untuk ikut berpartisipasi. Jenna Talackova (23), salah satu finalis Miss Vancouver, ditolak saat berniat mengikuti kompetisi Miss Universe Canada. Sebab, Jenna terlahir sebagai laki-laki, meskipun sudah menjalani terapi hormon sejak umur 14, dan operasi ganti kelamin pada usia 19.

Jenna, meskipun dalam formulir pendaftarannya menyatakan bahwa ia seorang perempuan, dianggap tidak memenuhi persyaratan untuk berkompetisi. "Meskipun demikian, kami menghargai tujuan dan tekadnya (untuk mengikuti kompetisi), dan mendoakan yang terbaik baginya," demikian pernyataan Yayasan Miss Universe.

Miss Universe juga tidak memedulikan meskipun sebelumnya Jenna telah berhasil mencapai babak final di kompetisi Miss Vancouver. Setelah mendaftar untuk Miss Universe tahun 2012 ini, sebenarnya ia telah terpilih menjadi salah satu dari 65 finalis. Namun keikutsertaannya dibatalkan oleh pihak yayasan, meskipun menurut harian The Province tak ada aturan mengenai perubahan jenis kelamin.

Tidak heran Jenna merasa kecewa berat. "Saya sangat kecewa dengan keputusan yang diambil oleh pengelola Miss Universe," katanya dalam pernyataan resmi pada Senin (26/3/2012) lalu. "Namun, saya akan mengubah situasi ini menjadi sesuatu yang positif, agar kelak orang lain dengan situasi yang sama tidak didiskriminasi."

Di lain pihak, ketua kontes kecantikan ini menegaskan bahwa ada peraturan yang berkaitan dengan jenis kelamin kontestan saat dilahirkan. Jenna menyebut dalam formulir pendaftaran bahwa ia terlahir perempuan, namun belakangan mengakui bahwa ia lahir sebagai laki-laki, demikian menurut Denis Davila, direktur nasional Miss Universe Canada.

"Ia merasa seperti perempuan sejati, dan ia memang perempuan sejati. Ia tidak menyangka orang akan mempertanyakannya," ujar Davila. "Ia berharap kami akan memasukannya kembali ke kompetisi ini, tapi peraturannya sangat jelas. Kami tidak punya cara untuk memasukkannya lagi."

Meskipun banyak orang menyepakati keputusan Miss Universe, tak sedikit yang memberi dukungan agar Jenna bisa kembali mengikuti kompetisi ini. Sebuah petisi dari change.org berhasil mengumpulkan 20.171 tandatangan untuk mengubah keputusan untuk mendiskualifikasi Jenna dari kontes kecantikan yang dimiliki oleh pengusaha Donald Trump ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com