Mengolah Fasad, Menangkis Panas dan Bising

Kompas.com - 27/03/2012, 11:50 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com — Risiko tinggal di perkotaan adalah bising suara, baik dari kendaraan maupun lingkungan sekitar tempat tinggal. Efeknya membuat perasaan tidak nyaman meski berada di dalam rumah sendiri. Apa solusinya?

Salah satu cara mudah dilakukan sebagai solusi adalah mengolah fasad rumah. Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan keramik. Pakailah keramik sebagai shading atau secondary skin. Dengan menjadi barrier pada tembok rumah ini, suara-suara bising dari luar akan dieliminasi.

Selain mampu meredam bising, rupanya pemakaian keramik sebagai fasad ini mampu mencegah panas. Misalnya, penggunaan keramik untuk fasad pada rumah dengan posisi menghadap ke arah timur atau barat yang rentan terkena paparan panas matahari.

Permukaan keramik yang licin juga membuat panas matahari dapat dipantulkan lagi. Panas matahari akan mengenai keramik terlebih dahulu sehingga tak mengenai bidang fasad serta masuk ke dalam bangunan.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan ketebalan dinding supaya sengatan panas berkurang, seperti penggunaan keramik dengan lapisan semen perekatnya. Tak hanya mampu meredam suara bising dan mengurangi sengatan panas, penggunaan keramik dibandingkan material lainnya adalah mudah dalam perawatannya dan tidak mudah kusam sebagai elemen untuk mempercantik fasad rumah.

Sumber: Majalah Renovasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.