Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Persen Tentara AS Alami Pusing Kronis

Kompas.com - 27/03/2012, 09:28 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Satu dari lima tentara Amerika Serikat (AS) yang kembali dari Irak atau Afganistan mengalami sakit kepala kronis, yang terjadi sedikit-dikitnya setengah bulan, dengan banyak lagi bahkan lebih menderita, kata survei AS.

Peneliti Angkatan Darat, yang temuannya disiarkan jurnal "Headache", memeriksa hampir 1.000 tentara dengan riwayat gegar otak terkait penugasan dan menemukan 20 persen di antara mereka sering menderita sakit kepala, yang didiagnosis sebagai "sakit kepala kronis harian" selama tiga bulan atau lebih.

Dari mereka, seperempat memiliki mengalami sakit kepala setiap hari. Lebih banyak tentara dengan sakit kepala kronis memiliki gejala gangguan pasca-stres traumatik (PTSD) daripada yang tidak menderita sering sakit kepala.

Gegar otak dianggap sebagai cedera otak traumatik ringan dan pada umumnya diikuti sakit kepala. Tapi, sedikit dipahami tentang berapa banyak tentara mengalami sakit kepala berat setiap hari, atau mendekati itu, selama berbulan-bulan.

"Secara umum, kami tahu bahwa sakit kepala kronis harian itu adalah salah satu bentuk sakit kepala paling melemahkan dan kadangkala sulit diobati," kata Mayor Brett Theeler, penulis utama kajian tersebut.

Untuk mengukur keluasan masalahnya, Theeler -dokter pada Detasemen Mahasiswa AMEDD, Batalyon Medik 187, Benteng Sam Houston, Texas- dan rekan-rekannya menyurvai 978 prajurit, yang pernah ditugaskan di Irak atau Afganistan.

Setiap tentara itu menderita gegar otak saat di luar negeri dan 98 persen dari mereka melaporkan sakit kepala sesudahnya. Dua puluh persen dari tentara itu dinyatakan menderita sakit kepala kronis setiap hari, sedangkan sisanya mengalami sakit kepala sekali waktu.

Yang sakit kepala dimulai dalam waktu satu minggu saat gegar otak lebih terancam mengalami sakit kepala kronis harian. Sedikit kurang dari setengah dari tentara dengan sakit kepala kronis itu melaporkan mulai mengalaminya dalam waktu seminggu dari gegar otak tersebut.

Kelompok sakit kepala kronis juga lebih mungkin mendapat nilai lebih tinggi pada uji untuk tanda PTSD. Hampir dua kali lebih banyak penderita sakit kepala kronis, 41 persen, dinyatakan menderita PTSD, dibandingkan dengan 18 persen yang tidak sering sakit kepala.

Temuan bahwa lebih banyak tentara dengan sakit kepala kronis harian juga mengalami gejala PTSD mendukung pendapat bahwa sakit kepala itu bisa berhubungan dengan cedera otak atau trauma kejiwaan dari peristiwa penyebab gegar otak tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com