Korsel Ancam akan Tembak Roket Korut

Kompas.com - 27/03/2012, 03:28 WIB
EditorA. Wisnubrata

SEOUL - Seoul memperingatkan bahwa negeri itu akan menembak jatuh roket Korea Utara jika diluncurkan dan melanggar teritori Korea Selatan.

"Kami tengah mempelajari berbagai langkah termasuk melacak dan menembak jatuh misil Korea Utara jika roket itu melenceng dari arah yang sudah ditentukan dan melanggar wilayah Korea Selatan," kata Wakil Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Yoon Won-shik, Senin (26/3/2012).

"Kami tak bisa menyaksikan peluncuran roket yang bisa menjadi aksi provokatif yang membahayakan perdamaian di Semenanjung Korea," tambah Won-shik.

Pemerintah Korea Selatan dan militer AS telah mengetahui bahwa Korea Utara memindahkan roketnya ke lokasi peluncuran dekat desa Tongchang-ri di Provinsi Phyongan.

Lokasi peluncuran ini hanya berjarak 50km dari kota perbatasan Cina, Dandong di seberang Sungai Yalu yang memisahkan Korea Utara dan Cina.

Para analis mengatakan lokasi peluncuran ini merupakan sarana terbaru dan canggih yang memungkinkan Korea Utara meluncurkan roketnya dari pantai barat negeri itu untuk menghindarkan lintasannya memasuki wilayah negara lain.

"Pemindahan ini adalah bagian dari persiapan peluncuran. Kami masih memantau terus situasinya," tegas Won-shik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, dalam sebuah pernyataan bersama Presiden AS Barack Obama dan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak mendesak Korea Utara membatalkan rencana peluncuran roketnya.

Obama juga menekan Cina agar menggunakan pengaruhnya untuk mendesak Korea Utara untuk menghentikan rencananya.

Desakan serupa juga disampaikan Presiden Lee Myung-bak setelah melakukan pembicaraan bilateral dengan Presiden Hu Jintao.

"Saya pikir Korea Utara melakukan ini (peluncuran) untuk mengacaukan pembicaraan soal keamanan nuklir. Kita jangan sampai jatuh ke dalam tipuannya," kata Kepala Asosiasi Pengendalian dan Perlucutan Senjata Cina, Li Hong.

Cina adalah pendukung diplomatik dan ekonomi terkuat Korea Utara meski pengaruh Cina atas Pyongyang terbatasi oleh sulit diprediksinya sikap pemerintah Korut dan kekhawatiran Beijing atas stabilitas di perbatasannya dengan Korea Utara.

Meski demikain, awal bulan ini Cina memanggil Duta Besar Korea Utara untuk memperingatkan akan bahaya yang mengancam perdamaian Asia serta meminta semua pihak untuk tenang dan menahan diri.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X