Agar Keramik Tak Cuma Sedap Dipandang

Kompas.com - 26/03/2012, 14:05 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Aplikasi ubin keramik pada hunian tak sekadar agar sedap dipandang mata. Lebih dari itu, penempatan ubin keramik juga memberikan manfaat bagi penghuninya karena disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi ruang. Ubin untuk dapur, misalnya, harus dipilih ubin keramik yang tak licin, tetapi mudah dibersihkan.

Pada umumnya, di pasaran saat ini dikenal beberapa jenis ubin, di antaranya ubin mosaik, ubin quarry, ubin glazed, serta porselen. Ubin glazed memiliki permukaan glossy, matte, atau kasar (tidak licin).

Anda juga bisa memilih ubin mozaik sesuai selera karena jenisnya tersedia dari berbagai jenis bahan, mulai kaca hingga keramik. Menariknya, ubin mozaik memiliki aneka motif, pola, dan gambar.

Sementara itu, ubin porselen dikenal lebih kuat ketimbang jenis ubin lainnya. Ubin ini cocok digunakan untuk dinding kamar mandi, kolam renang, atau bak mandi. Sedangkan ubin quarry terbuat dari campuran tanah liat dan berwarna merah, abu-abu, dan cokelat.

Fungsi

Untuk ruangan umum, Anda bisa memilih ubin yang memiliki tekstur halus dan memiliki motif untuk menunjang estetis. Misalnya, untuk ruang tamu dan ruang keluarga, Anda bisa memilih jenis ubin mosaik.

Untuk ruangan yang lebih pribadi seperti kamar tidur, Anda bisa lebih bebas memilih jenis ubin keramik. Namun, harus Anda pastikan, bahwa ubin yang akan Anda gunakan memiliki kesesuaian warna dan tema yang diusung dalam ruangan agar menghadirkan kenyamanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ubin dengan warna monokromatik, misalnya, paling sesuai jika ditempatkan pada ruangan yang tak begitu luas untuk menimbulkan kesan lapang. Untuk ruangan luas, Anda bisa lebih leluasa menentukan jenis ubin dengan variasi warna dan motif.

Untuk dapur, contohnya. Karena ruangan ini mudah kotor, ada baiknya Anda pilih ubin yang memiliki permukaan licin agar mudah dibersihkan. Sebaiknya, Anda tidak memilih ubin quarry, karena ubin ini tidak cocok untuk dapur lantaran mudah menyerap kotoran dan noda.

Khusus di kamar mandi, Anda bisa memilih ubin glazed kasar yang antiselip. Ubin ini dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan di kamar mandi karena lantai yang licin. Sementara, di area luar rumah, seperti teras, Anda bisa memilih ubin yang relatif tahan terhadap cuaca. (MIL)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.