Obama Terheran-heran Menatap Korea Utara

Kompas.com - 25/03/2012, 22:12 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

SEOUL, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama meninjau Zona Demiliterisasi (DMZ) dekat Panmunjom yang memisahkan dua Korea, Minggu (25/3/2012).

Sepulangnya dari wilayah itu, ia menyampaikan beberapa komentar yang di luar kebiasaan karena terdengar blak-blakan. Obama agaknya menyuarakan keheranan yang sungguh-sungguh.

"Seakan-akan ada lipatan dalam waktu," kata Obama. "Seperti melihat ke sebuah negara yang ketinggalan zaman 40 atau 50 tahun," ia menambahkan.

Obama menyampaikan komentar soal Korea Utara tersebut dalam sebuah konferensi pers bersama Presiden Korea Selatan Lee Myung-Bak.  

"Jika sebuah negara tak bisa memberi makan rakyatnya dengan baik, tak bisa menghasilkan sesuatu yang berguna buat siapa pun, tak memiliki ekspor selain senjata dan itu pun bukan dari jenis yang terbaik...," kata Obama.

"Jika tak bisa memenuhi indikator kesejahteraan apa pun... bagi rakyatnya... tentunya, Anda mengira, mereka akan melakukan perubahan," ia melanjutkan.

"Ada hal-hal yang tak akan berhasil dan apa yang mereka lakukan tidak akan menghasilkan apa-apa," ia menandaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keheranan Obama pada kondisi Korea Utara kontras dengan keterpukauannya terhadap Seoul yang menunjukkan banyak kemajuan.

Dari balik kaca tebal

Obama berkunjung ke Seoul, Korea Selatan (Korsel), dalam rangka Konferensi Tingkat Tinggi mengenai Keamanan Nuklir yang digelar di sana.

Seperti George W Bush ataupun Bill Clinton, Obama menyempatkan diri untuk mengunjungi perbatasan kedua Korea di DMZ.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.