Jepang Bersiap Hadapi Roket Korut

Kompas.com - 23/03/2012, 14:29 WIB
EditorKistyarini

TOKYO, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Jepang,  Jumat (23/3/2012), memerintahkan persiapan sistem pertahanan rudal agar militer dapat menembak jatuh satu roket Korea Utara jika mengancam negara itu.

"Saya telah memerintahkan para pejabat menggelar PAC-3 dan kapal-kapal perang klas Aegis," kata Menteri Pertahanan Naoki Tanaka kepada wartawan mengacu pada rudal-rudal permukaan ke udara dan kapal-kapal perusak yang membawa rudal-rudal.

"Kami akan melakukan perundingan dengan pemerintah-pemerintah setempat terkait penggelaran itu," tambahnya.

Rudal-rudal pencegat permukaan ke udara akan digelar di gugusan pulau Okinawa, Jepang selatan, tetapi setiap perintah untuk menembak jatuh roket Korut itu terlebih dulu harus mendApat persetujuan Perdana Menteri Yoshihiko Noda.

Korut yang memiliki senjata nuklir itu mengumumkan akan meluncurkan satu roket bulan depan untuk menempatkan satu satelit di orbit, satu tindakan yang Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya anggap sebagai satu dalih bagi uji coba rudal jarak jauh. Para pejabat Jepang mengatakan proyektil itu mungkin melewati Okinawa.

Persiapan-persiapan Jepang, yang secara reguler jadi target kecaman Korut, dilakukan saat para pemimpin dunia termasuk Presiden AS Barack Obama berada di Seoul pekan depan untuk menghadiri KTT nuklir, yang secara resmi dipusatkan pada terorisme nuklir. Tetapi program nuklir Korut juga diperkirakan akan dibicarakan di sela-sela perundingan-perundingan itu.

Pada tahun 2009 Jepang memerintahkan persiapan yang sama pertahanan rudal sebelum Pyongyang meluncurkan roket jarak jauh nya, yang dikecam Dewan Keamanan PBB dan memperketat sanksi-sanksi terhadap negara komunis itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Roket itu, yang menurut Korut juga bertujuan menempatkan satu satelit dalam orbit, melewati wilayah Jepang tanpa insiden atau usaha untuk menembak jatuhnya.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.