Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Struktur RS Indonesia di Gaza Hampir Rampung

Kompas.com - 23/03/2012, 11:13 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

PALESTINA, KOMPAS.com — Pembangunan struktur Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina, kini nyaris selesai. Struktur RS tiga lantai ini sudah 97 persen terbangun.

Nur Ikhwan Abadi, salah satu relawan Mer-C Indonesia di Gaza, Palestina, dalam siaran pers pada Jumat (23/3/2012) mengatakan, pengecoran lantai 3 RS Indonesia (RSI) di Gaza selesai dilakukan tiga hari lalu.

Dengan selesainya proses pengecoran ini, laju pembangunan tahap I untuk struktur RSI Gaza sudah mencapai 97 persen. Selanjutnya, Divisi Konstruksi MER-C tengah mempersiapkan tender tahap kedua untuk arsitektur dan mechanical electrical rumah sakit. RSI Gaza berbentuk segi delapan yang terinspirasi dari Masjid Qubbah Sakhra di Al-Quds  ini sudah berdiri tegak di atas bumi Syam.

Rasa haru dan bahagia tampak di wajah setiap relawan Indonesia. Lebih dari satu tahun sebanyak 6 relawan MER-C Indonesia, ungkap Ikhwan, meninggalkan Tanah Air, pekerjaan, dan keluarganya untuk membangun RS ini. "Waktu berlalu terasa begitu cepat sejak ide ini dilontarkan sekitar tiga tahun yang lalu, tidak terbayang itu (RS Indonesia) akan menjadi kenyataan.

Dengan dibangunnya RSI ini, nama Indonesia pun sudah begitu menggema di setiap sudut kota Gaza. Jika rakyat Gaza bicara tentang Indonesia, maka akan teringat dengan jumlah Muslim terbesar di dunia," ujarnya.

Bangunan RSI ini, tambahnya, merupakan bangunan pertama di Gaza yang dibangun dari nol sejak agresi Israel ke Gaza 2008-2009. Bentuknya yang unik, desainnya yang sangat asing, membuat bangunan RSI ini menjadi bangunan terunik di Gaza.

"Tidak pernah ada bangunan seperti ini sebelumnya di Gaza. Bahkan, setiap orang yang datang melihat terheran-heran, hingga para insinyur di Gaza pun heran melihat desain seperti ini," ungkap Ikhwan kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com