Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roy Suryo: Ungkap Tuntas Bom di KBRI Paris

Kompas.com - 22/03/2012, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi I DPR RI yang membidangi Luar Negeri, Pertahanan, dan Intelijen, Roy Suryo mendesak aparat keamanan Perancis, mengungkap tuntas pelaku dan motif pemboman di dekat Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, Perancis.

Menurutnya, polisi setempat harus seksama meneliti dua rekaman CCTV KBRI di Paris pascameledaknya bom tersebut, Rabu (21/3/2012) kemarin.

"Rekaman-rekaman itu harus diteliti karena bisa tampak pelaku sebelum dan sesudah kejadian," katanya lewat SMS yang dikirimkannya Kamis (22/3/2012) pagi ini.

Terkait dengan desakannya itu, politisi Partai Demokrat ini mengaku telah mengontak secara langsung Duta Besar (Dubes) maupun Wakil Dubes RI di Paris.

"Selaku anggota Komisi I yang memang tupoksi-nya adalah fungsi pengawasan mitra terkait, termasuk Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan jajaran Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), maka kami sudah mengontak langsung," ungkapnya.

Kepada Dubes Rezlan Ishar Jeni dan Wakil Dubes Stephanus Yuwono, ia mengatakan, agar proaktif meminta pihak keamanan Perancis meneliti dua rekaman CCTV milik KBRI.

"Hal ini penting, agar jangan sampai kejadian serupa tahun 2004 di tempat yang sama, tak jelas penyelesaiannya," katanya.

Ia mengaku kecewa dengan kejadian pada 2004, karena hingga kini tidak ada kejelasan motif maupun tersangkanya. "Ini jangan terulang lagi," demikan Roy Suryo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com