Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY dan Ban Ki-moon Akan Bahas Timur Tengah

Kompas.com - 19/03/2012, 18:50 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon akan berbicara berbagai isu global, selain juga isu regional dan peningkatan kerja sama Indonesia-PBB. Salah satu isu global yang akan dibahas adalah perkembangan di Timur Tengah.

"Selama ini, Bapak Presiden berkomunikasi intensif dengan Sekjen PBB terkait perkembangan di Suriah, Selat Hormuz, dan Timur Tengah pada umumnya. Besok kesempatan yang baik bagi Presiden untuk berkomunikasi," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/3/2012).

Presiden Yudhoyono pernah menyurati Ban Ki-moon terkait memanasnya situasi di Libya. Presiden menyerukan agar PBB, khususnya Dewan Keamanan PBB, untuk mengambil langkah nyata guna membantu Libya dalam menanggulangi krisis internal.

Presiden dan Ban Ki-moon juga akan membahas isu regional, termasuk Semenanjung Korea, Laut China Selatan, demokrasi di Myanmar, konflik Thailand-Kamboja, dan lainnya. "Selama ini, Indonesia telah memberikan kontribusi yang saya kira diapresiasi oleh Sekjen PBB," kata Marty. Marty menambahkan, Indonesia merupakan nett contributor terhadap keamanan dan perdamaian internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com