Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertempuran Baru Meletus di Damaskus

Kompas.com - 19/03/2012, 11:18 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Baku tembak antara pejuang dari Tentara Pembebasan Suriah (FSA) dengan pasukan pemerintah dilaporkan kembali terjadi di ibukota Suriah, Damaskus, Senin (19/3/2012).

Saksi mata mengatakan, suara tembakan senapan mesin dan ledakan granat terdengar dari distrik al-Mezze. Di distrik yang berada di pusat kota Damaskus itu terdapat sejumlah fasilitas keamanan dan merupakan salah satu bagian ibukota yang mendapat pengamanan paling ketat.

"Terjadi pertempuran di dekat supermarket Hamada dan suara ledakan terdengar dari sana dan beberapa tempat lain di sekitarnya," kata seorang warga kepada Reuters.

"Aparat keamanan menutup sejumlah jalan dan memadamkan penerangan jalan," lanjutnya.

Pada Minggu (18/3/2012), sebuah bom mobil meledak di Aleppo, kota terbesar kedua di Suriah. Serangan ini menewaskan setidaknya dua orang dan melukai 30 orang lainnya. Sementara sehari sebelumnya 27 orang dilaporkan terbunuh dan 97 orang lainnya terluka dalam dua ledakan di Damaskus.

Televisi pemerintah menyebut bom-bom itu sebagai serangan "teroris".

Namun para aktivis menuduh aparat pemerintah merekayasa serangan-serangan itu untuk mendiskreditkan kelompok-kelompok oposisi.

Presiden Bashar al-Assad berusaha meredam pemberontakan bersenjata yang dipicu tindakan keras aparat terhadap demonstrasi damai yang dilakukan aktivis prodemokrasi setahun lalu.

PBB memperkirakan lebih dari 8.000 orang tewas dalam berbagai pertempuran yang terjadi di negara itu. Presdien Assad berkeras bahwa tentaranya tengah memerangi "geng-geng bersenjata" yang berusaha merusak stabilitas Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com