Pertempuran Baru Meletus di Damaskus

Kompas.com - 19/03/2012, 11:18 WIB
EditorKistyarini

DAMASKUS, KOMPAS.com - Baku tembak antara pejuang dari Tentara Pembebasan Suriah (FSA) dengan pasukan pemerintah dilaporkan kembali terjadi di ibukota Suriah, Damaskus, Senin (19/3/2012).

Saksi mata mengatakan, suara tembakan senapan mesin dan ledakan granat terdengar dari distrik al-Mezze. Di distrik yang berada di pusat kota Damaskus itu terdapat sejumlah fasilitas keamanan dan merupakan salah satu bagian ibukota yang mendapat pengamanan paling ketat.

"Terjadi pertempuran di dekat supermarket Hamada dan suara ledakan terdengar dari sana dan beberapa tempat lain di sekitarnya," kata seorang warga kepada Reuters.

"Aparat keamanan menutup sejumlah jalan dan memadamkan penerangan jalan," lanjutnya.

Pada Minggu (18/3/2012), sebuah bom mobil meledak di Aleppo, kota terbesar kedua di Suriah. Serangan ini menewaskan setidaknya dua orang dan melukai 30 orang lainnya. Sementara sehari sebelumnya 27 orang dilaporkan terbunuh dan 97 orang lainnya terluka dalam dua ledakan di Damaskus.

Televisi pemerintah menyebut bom-bom itu sebagai serangan "teroris".

Namun para aktivis menuduh aparat pemerintah merekayasa serangan-serangan itu untuk mendiskreditkan kelompok-kelompok oposisi.

Presiden Bashar al-Assad berusaha meredam pemberontakan bersenjata yang dipicu tindakan keras aparat terhadap demonstrasi damai yang dilakukan aktivis prodemokrasi setahun lalu.

PBB memperkirakan lebih dari 8.000 orang tewas dalam berbagai pertempuran yang terjadi di negara itu. Presdien Assad berkeras bahwa tentaranya tengah memerangi "geng-geng bersenjata" yang berusaha merusak stabilitas Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.