Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Kartel Zetas Dipenjara 35 Tahun

Kompas.com - 17/03/2012, 03:43 WIB

MEXICO CITY - Seorang hakim di Meksiko memenjarakan Letnan Jaime Gonzalez Duran, salah satu pendiri kartel narkoba Los Zetas, selama 35 tahun. Dia terbukti melakukan serangkaian penculikan dan terlibat dalam aktivitas kejahatan terorganisasi.

Informasi tersebut diungkapkan jaksa di Mexico City, Kamis (15/3). Gonzalez Duran, yang lebih dikenal sebagai ”El Hummer”, sebelumnya ditangkap di Reynosa, kota di Meksiko utara, pada tahun 2008. Jaksa mengatakan, El Hummer adalah salah satu tersangka kriminal paling berbahaya di Meksiko.

El Hummer adalah pengedar narkoba paling disegani dan salah satu dari 31 pendiri awal kartel Zetas. Dia adalah orang ketiga dalam rantai komando organisasi Zetas.

Selain itu, dia juga mantan anggota pasukan elite Angkatan Darat Meksiko dari Grupo Aeromóvil de Fuerzas Especiales (GAFE). Dulu dia pernah mengikuti pelatihan untuk menghadapi para pemberontakan, mencari, dan menangkap para anggota kartel narkoba.

Setelah keluar dari tentara, El Hummer terlibat dalam jaringan narkoba dan bersama 30 orang lain mendirikan Zetas. Kartel ini termasuk salah satu kartel narkoba paling berkuasa di Meksiko dan dianggap oleh Pemerintah AS sebagai kartel yang beroperasi menggunakan teknologi canggih.

Kantor Kejaksaan Agung mengatakan, Duran sebelumnya telah dijatuhi hukuman 16,5 tahun penjara karena kasus pencucian uang, dan 21 tahun penjara karena kepemilikan senjata api secara ilegal. Dia adalah pelaku kejahatan yang paling disegani di antara gangster.

Senjata

Pada saat penangkapan, pihak berwenang menemukan 540 pucuk senjata, 165 granat, 500.000 butir amunisi, dan 14 batang TNT di Reynosa. Aparat mengaitkan dia sebagai pemilik sejumlah senjata dan bahan peledak paling berbahaya itu.

Demi memerangi dan menekan kekerasan kartel obat, pemerintah federal mengatakan, kuncinya adalah meningkatkan kemampuan sumber daya petugas serta peningkatan kualitas senjata. Di negara ini, banyak petugas keamanan juga tidak bersih diri dari praktik korupsi, bahkan juga terlibat dalam jaringan kartel.

Pemerintah federal melaporkan, hanya sekitar 25 persen dari 430.000 polisi lokal di Meksiko yang pernah terpengaruh jaringan ini. Negara juga sudah memeriksa 57.000 polisi federal yang diduga terlibat.

Pemerintah mengatakan akan menyalurkan 17,3 miliar peso (137 juta dollar AS) kepada pasukan lokal tahun ini. Namun, tes harus dilakukan terhadap para komandan polisi agar mereka tidak terpengaruh. Empat negara bagian telah memenuhi syarat, tapi 17 negara bagian lain diharapkan melakukannya pada Januari 2013. (AP/AFP/CAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com