AS Protes Rencana Peluncuran Rudal Korut

Kompas.com - 16/03/2012, 21:19 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

WASHINGTON, KOMPAS.com — Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengecam rencana Korea Utara meluncurkan roket atau peluru kendali jarak jauhnya. 

AS menilai hal itu bisa menjadi pelanggaran langsung terhadap kewajiban internasional negeri itu, sekaligus bisa menjadi provokasi tingkat tinggi.

Hal itu disampaikan juru bicara Kemlu AS Victoria Nuland, Jumat (16/3/2012), dalam siaran persnya yang disampaikan melalui Kedutaan Besar AS di Indonesia kepada Kompas.

Dalam siaran pers itu disebutkan, Resolusi 1718 dan 1874 Dewan Keamanan PBB jelas-jelas telah melarang Korut menggelar peluncuran dan penggunaan teknologi peluru kendali balistiknya.

Peluncuran macam itu bisa menjadi ancaman jelas bagi kondisi keamanan di kawasan, sekaligus melanggar kesepakatan sebelumnya untuk menahan diri menggunakan kemampuannya tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.