Korut Akan Luncurkan Satelit Ruang Angkasa

Kompas.com - 16/03/2012, 21:03 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemerintah Korea Utara, Jumat (16/3/2012), mengumumkan rencananya meluncurkan satelit ruang angkasa dengan menggunakan roket jarak jauhnya.

Langkah provokatif itu dikhawatirkan bakal menggagalkan kesepakatan yang baru sepekan kemarin disetujui, antara Korut dan Amerika Serikat, terkait pertukaran bantuan makanan dengan konsesi nuklirnya.

Pihak Korut sepakat untuk moratorium peluncuran roket jarak jauh, sebagai bagian dari perjanjian kemarin. Namun Korut berkilah,  peluncuran satelitnya terkait program antariksa damai. Hal itu tidak ada kaitan dengan kesepakatan perlucutan senjata.

Selama ini, baik AS maupun Korea Selatan menilai teknologi dan kemampuan Korut meluncurkan roket jarak jauh bertumpang tindih dengan kemampuan persenjataan peluru kendalinya. Pihak Korut kerap dituduh selalu menyamarkan kedua hal itu, untuk mengakali pelarangan yang ditetapkan Perserikatan Bangsa Bangsa.

Rencana peluncuran mendatang kali ini bertepatan dengan hal serupa yang dilakukan Korut tiga tahun lalu, April 2009.

Menanggapi itu, Pemerintah Jepang mendesak Korut membatalkan rencananya, dan menyebut peluncuran tersebut melanggar resolusi PBB yang membatasi penggunaan teknologi peluru kendali balistik yang memang dikuasainya.

Peluncuran disebut-sebut akan digelar antara 12 hingga 16 April dan berlokasi di lokasi peluncuran pantai barat, sebelah utara Provinsi Phyongan. Peluncuran itu sekaligus juga menjadi bentuk perayaan hari lahir pendiri Korut, Kim Il Sung, yang jatuh pada setiap 15 April. (AP/DWA)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X