Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Akan Luncurkan Satelit Ruang Angkasa

Kompas.com - 16/03/2012, 21:03 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemerintah Korea Utara, Jumat (16/3/2012), mengumumkan rencananya meluncurkan satelit ruang angkasa dengan menggunakan roket jarak jauhnya.

Langkah provokatif itu dikhawatirkan bakal menggagalkan kesepakatan yang baru sepekan kemarin disetujui, antara Korut dan Amerika Serikat, terkait pertukaran bantuan makanan dengan konsesi nuklirnya.

Pihak Korut sepakat untuk moratorium peluncuran roket jarak jauh, sebagai bagian dari perjanjian kemarin. Namun Korut berkilah,  peluncuran satelitnya terkait program antariksa damai. Hal itu tidak ada kaitan dengan kesepakatan perlucutan senjata.

Selama ini, baik AS maupun Korea Selatan menilai teknologi dan kemampuan Korut meluncurkan roket jarak jauh bertumpang tindih dengan kemampuan persenjataan peluru kendalinya. Pihak Korut kerap dituduh selalu menyamarkan kedua hal itu, untuk mengakali pelarangan yang ditetapkan Perserikatan Bangsa Bangsa.

Rencana peluncuran mendatang kali ini bertepatan dengan hal serupa yang dilakukan Korut tiga tahun lalu, April 2009.

Menanggapi itu, Pemerintah Jepang mendesak Korut membatalkan rencananya, dan menyebut peluncuran tersebut melanggar resolusi PBB yang membatasi penggunaan teknologi peluru kendali balistik yang memang dikuasainya.

Peluncuran disebut-sebut akan digelar antara 12 hingga 16 April dan berlokasi di lokasi peluncuran pantai barat, sebelah utara Provinsi Phyongan. Peluncuran itu sekaligus juga menjadi bentuk perayaan hari lahir pendiri Korut, Kim Il Sung, yang jatuh pada setiap 15 April. (AP/DWA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com