Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jejak Pendaratan Manusia di Bulan Berhasil Dipotret

Kompas.com - 15/03/2012, 18:55 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Wahana Lunar Reconaissance Orbitter (LRO) berhasil memotret lokasi pendaratan misi Apollo 11 yang dilakukan Neil Armstrong dan rekannya, Buzz Aldrin. Citra yang dihasilkan mungkin saja membuat kalangan yang selama ini percaya bahwa misi pendaratan hanya bohong belaka harus berpikir ulang.

Dalam citra tersebut, seperti pada gambar, terlihat sisa Lunar Modul (LM) serta alat pembantu dalam gelap, Passive Seismic Experiment Package (PSEP) dan Laser Ranging RetroReflector (LRRR).

Bukti lain adalah jejak sepanjang kurang lebih 50 meter West Crater, arah timur dari Lunar Modul. Jejak itu adalah perjalanan yang tak direncanakan dalam dua setengah jam akhir misi Apollo.

Pada citra yang dihasilkan, terlihat juga peralatan lain dan kamera yang sengaja dilepas dan ditinggalkan dalam misi yang berhasil dilakukan pada 20 Juli 1969 tersebut.

Citra tersebut diambil oleh Lunar Reconaissance Orbitter dari jarak hanya 24 km di atas permukaan Bulan. Dengan demikian, citra ini menjadi gambaran jejak misi Apollo yang terbaik. Sekarang, apakah Anda akan percaya bahwa misi pendaratan di Bulan ini nyata?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com