Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangkang Kuba Ingin Bertemu Paus

Kompas.com - 15/03/2012, 13:58 WIB

HAVANA, KOMPAS.com - Sekitar tiga belas pembangkang Kuba menduduki dan menguasai sebuah gereja Katholik di Havana. Mereka menuntut diberikan waktu untuk beraudiensi dengan Paus Benediktus XVI saat melakukan kunjungan ke negara tersebut pekan depan.

Para pembangkang yang menduduki Gereja Charity of Cobre mengatakan dalam audiensi itu mereka akan meminta Paus menekan pemerintah Komunis Kuba melepaskan tahanan politik dan mengakhiri rezim pemerintahan yang represif.

Salah seorang pembangkang, William Cepera mengatakan ada delapan perempuan dan lima laki-laki yang sudah mulai memasuki gereja yang terletak di pusat kota Havana ini pada Selasa (13/03) malam lalu.

“Kami ingin berbicara dengan Paus dan mengatakan kepadanya bahwa pemerintahan di bawah Fidel dan Raul (Castro) hanya membebaskan beberapa tahanan politik saja dan masih ada banyak yang sedang menjalani penahanan,” kata Cepera.

Sebelumnya Gereja Katholik Kuba kerap menjadi mediator dalam pembicaraan antara kelompok pembangkang dengan pemerintah sebagai upaya membebaskan tahan politik. Tahun lalu mereka berhasil membantu pembebasan 75 tahanan politik di negara itu.

Dikecam gereja

Namun aksi protes para pembangkang itu mendapat kecaman dari Gereja Katholik Kuba, mereka mengatakan seharusnya gereja tidak dijadikan tempat untuk melakukan aksi atau gerakan politik.

“Tidak ada seorangpun yang berhak mengganggu ibadah warga Kuba dan banyak warga lainnya yang ingin merayakan kedatangan dan menebar harapan saat kunjungan Bapa Suci Sri Paus Benediktus XVI ke Kuba,” kata Juru Bicara Gereja Katholik, Orlando Marquez dalam pernyataan tertulisnya.

Orlando juga meminta agar para pembangkang itu meninggalkan gereja tersebut secepatnya.

Polisi sejauh ini hanya berjaga di luar gereja tersebut namun tidak turun tangan untuk menghentikan aksi para pembangkang ini.

Paus Benediktus rencananya akan tiba di Kuba pada 26 Maret mendatang. Dalam kunjungannya nanti Paus akan bertemu dengan Presiden Raul Castro dan mendatangi tempat ziarah Virgin of Caridad del Cobre.

Paus juga akan menyampaikan sambuitan kepada ribuan umat Katholik di Havana, Kuba dalam kunjungannya nanti.

Sejauh ini belum ada agenda pembicaraan antara Paus dengan kelompok pembangkang soal pembebasan tahanan politik di negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com