Korban Tewas Kecelakaan Feri Bangladesh Capai 112 orang

Kompas.com - 15/03/2012, 10:35 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

DHAKA, KOMPAS.com- Jumlah korban tewas dalam kecelakaan kapal feri di Sungai Meghna, Bangladesh, terus bertambah. Menurut perhitungan regu penyelamat, Kamis (15/3/2012), total korban saat ini telah mencapai 112 orang dari total perkiraan 200-an orang jumlah penumpang yang ada di atas kapal saat kejadian.

Seperti diwartakan, kapal feri MV Shariatpur-1 tengah berlayar dari Dhaka menuju distrik Shariatpur, Selasa dini hari, ketika sebuah tongkang pengangkut bahan bakar minyak yang sampai sekarang belum diketahui keberadaannya menabrak feri itu hingga tenggelam.

Menurut aparat kepolisian setempat, Mohammad Shahabuddin Khan, hanya 35 orang korban yang berhasil diangkat dan diselamatkan dari sungai. Sementara sejumlah surat kabar setempat mengabarkan 40 orang penumpang selamat dan berhasil berenang ke tepi sungai.

Ratusan orang anggota keluarga korban yang berdatangan ke lokasi berkumpul di tepian sungai. Mereka berteriak histeris dan menangisi anggota keluarga mereka yang tewas dan jenazahnya memang dibaringkan di tepian sungai untuk diidentifikasi oleh petugas penyelamat.

Salah seorang dari keluarga korban itu, Parul, mengaku sudah menunggu di sana sejak Selasa malam. Dia mencari kepastian nasib saudaranya yang baru saja menikah dan saat kejadian menumpang kapal feri itu bersama 16 orang kerabat lainnya.

"Kembalikan saudara saya itu. Kembalikan dia ke saya. Saya ingin melihat wajahnya. Tolong bawa saya ke dia," jerit Parul sambil memohon ke petugas yang berjaga di sekitar lokasi.

Kecelakaan kapal feri memang kerap terjadi di Bangladesh, yang negerinya memang dilalui lebih dari 230 aliran sungai. Kesalahan sering ditimpakan pada kelebihan penumpang dan ketidakmampuan perusahaan kapal feri mematuhi aturan keselamatan yang ditetapkan pemerintah. Pada tahun 2009 sedikitnya 150 orang tewas dalam tiga kali kecelakaan kapal feri sepanjang tahun itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X