Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangkalan Pendaratan Panetta Kebobolan Penyusup

Kompas.com - 15/03/2012, 09:45 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

KABUL, KOMPAS.com- Seorang warga Afganistan berhasil membobol penjagaan pangkalan udara militer NATO di Afganistan selatan, Rabu (14/3/2012), dan mengemudikan mobilnya ke tengah landasan, beberapa menit sebelum pesawat yang ditumpangi Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mendarat.

Insiden tersebut terjadi di Camp Bastion, pangkalan udara yang dikuasai pasukan Inggris di Provinsi Helmand, Afganistan selatan. Pihak Pentagon mengatakan, sekitar pukul 11.00 waktu setempat, seorang pria Afgan tak dikenal mencuri mobil pikap milik salah satu prajurit pasukan koalisi dan kemudian mengemudikan mobil itu dengan kecepatan tinggi menyeberang landasan.

Kolonel Gary Kolb, juru bicara pasukan AS di Afganistan, mengatakan, mobil itu kemudian masuk ke parit dan tiba-tiba terbakar. Pengemudi nekat itu turut terbakar dan hingga kini masih dirawat di rumah sakit. Kolb mengatakan, tidak ditemukan bahan peledak atau senjata lain di dalam mobil tersebut.

Juru bicara Pentagon di Washington DC, Kapten John Kirby, menepis dugaan pria Afgan itu berniat menyerang Panetta. "Tak ada bukti dia mengetahui siapa yang ada di dalam pesawat (yang akan mendarat) itu," tandas Kirby.

Panetta dan rombongannya kemudian mendarat dengan selamat tanpa insiden apa pun. Ia menjalankan rencana pertemuan dengan para pemimpin lokal dan bertemu dengan para prajurit NATO dan Afganistan di Camp Leatherneck yang terletak bersebalahan dengan Camp Bastion.

Sore harinya, Panetta terbang kembali menuju Kabul untuk bertemu Presiden Hamid Karzai.

Meski tak berkembang menjadi insiden yang lebih buruk, peristiwa itu memunculkan pertanyaan tentang sistem keamanan pangkalan militer NATO di Afganistan, di saat ketegangan memuncak setelah seorang prajurit AS membantai 16 warga sipil Afganistan di Kandahar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com